PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS KEARIFAN LOKAL SIDOARJO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD

Ahlina, Izkina Amala (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS KEARIFAN LOKAL SIDOARJO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7 (8). ISSN 2614-8854

[thumbnail of R-IZKINA AMALA AHLINA-42420088-PENGEMBANGAN MEDIA MNOKRAL - 20C_16 izkina Amala.pdf] Text
R-IZKINA AMALA AHLINA-42420088-PENGEMBANGAN MEDIA MNOKRAL - 20C_16 izkina Amala.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi sekolah dan karakteristik peserta ddik yang cenderung pasif dan pengetahuan yang sebatas budaya kearifan lokal daerahnya sendiri bukan di lingkup Kota Sidoarjo, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada pendidikan Pancasila. Jenis penelitian Development Research menggunakan model ADDIE. Dengan judul Pengembangan Media monopoli berbasis kearifan lokal Sidoarjo materi keberagaman Budaya. Penelitian ini dilakukan di SDN Pucang 3 Sidoarjo kelas IV B sebanyak 27 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi yang diarahkan oleh ahli media dan ahli materi serta pertanyaan yang dibuat untuk mendapatkan respon guru dan peserta didik sebagai subjek pada penelitian ini. Hasil validasi ahli media mendapatkan presentase 77% yang masuk pada kategori ”cukup valid” kemudian hasil validasi ahli materi mendapatkan presentase 94% yang masuk kategori “sangat layak”, sedangkan pada respon guru mendapatkan 95,38% masuk pada kategori “sangat praktis”. Pada angket peserta didik mendapatkan nilai presentase sebesar 93,51% masuk kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penilaian yang diperoleh dari media monopoli berbasis kearifan lokal Sidoarjo materi keberagaman Budaya di kelas IV B SDN Pucang 3 Sidoarjo dapat dinyatakan “layak” untuk digunakan pada proses pembelajaran Pendidikan Pancasila.
========================================================================================================================
This research is motivated by school conditions and the characteristics of students who tend to be passive and whose knowledge is limited to the local wisdom culture of their own region, not within the scope of Sidoarjo City. This research aims to develop learning media for Pancasila education. This type of research is Development Research using the ADDIE model. With the title Development of monopoly media based on local wisdom in Sidoarjo, material on cultural diversity. This research was conducted at SDN Pucang 3 Sidoarjo class IV B with 27 students. The data collection method in this research uses a validation questionnaire directed by media experts and material experts and questions created to obtain responses from teachers and students as subjects in this research. The validation results from media experts got a percentage of 77% which was in the "fairly valid" category, then the results of validation by material experts got a percentage of 94% which was in the "very feasible" category, while the teacher response got 95.38% in the "very practical" category. In the questionnaire, students received a percentage score of 93.51% in the "very practical" category. Based on the assessment results obtained from monopoly media based on local wisdom in Sidoarjo, cultural diversity material in class IV B at SDN Pucang 3 Sidoarjo can be declared "fit" for use in the Pancasila education learning process.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Monopoli Kearifan Lokal Sidoarjo; Pendidikan Pancasila Development; Sidoarjo Local Wisdom Monopoly; Pancasila Education.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:08
Last Modified: 06 Nov 2024 04:08
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item
View Item