Adiwidya, Aldo Pratama (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV SEKOLAH DASAR. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 20 (20): 26. pp. 1-26. ISSN 2598-5949
ALDO 4242082 PGSD 2020 - 20C_11_ Aldo Pratama Adiwidya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berabantuan media lingkungan alam sekitar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDI Wahid Hasyim Sekardangan, Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan desain (One Group Pretest-Posttest). Sampel yang diambil untuk penelitian adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 16 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda dan observasi. Uji validitas untuk mengukur soal pretest dan posttest menggunakan Product Moment, reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan menggunakan Shapiro-Wilk dan uji hipotesis menggunakan uji Paired sample T test dengan bantuan program IBM SPSS versi 29.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan model Discovery Learning berbantuan media lingkungan alam sekitar berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata pretest 56,5 menunjukkan peningkatan menjadi 65,7.
========================================================================================================================
This study aims to determine the influence of the Discovery Learning model assisted by environmental media on the critical thinking skills of grade IV students at SDI Wahid Hasyim Sekardangan, Sidoarjo. This research is a type of Pre-Experimental research by design (One Group Pretest-Posttest). The samples taken for the study were all grade IV students totaling 16 people. The sampling technique used is saturated samples. The data collection method is carried out using tests in the form of pretest and posttest questions in the form of multiple choice and observation. Validity test to measure pretest and posttest questions using Product Moment, reliability using Cronbach's Alpha. Data analysis techniques in this study used normality tests using Shapiro-Wilk and hypothesis tests using the Paired sample T test with the help of IBM SPSS program version 29.00 for Windows. The results showed that the Discovery Learning model assisted by environmental environmental media had a positive effect on students' critical thinking skills. This is evidenced by the average pretest result of 56.5 showing an increase to 65.7.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Media Lingkungan Alam Sekitar, Kemampuan Berpikir Kritis Model Discovery Learning, Media Environmental Environment, Critical Thinking Ability |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:02 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:02 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/715 |