Isnaini, Rahmania Nur (2024) EFEKTIVITAS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN PLOSO. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2): 18. pp. 1-18.
Rahmania_42420011_PGSD_EFEKTIVITAS - Rahmania Nur Isnaini.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pada kenyataannya matematika menjadi penting dan dibutuhkan dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari dan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan menguji seberapa efektif model pembelajaran matematika realistik RME terhadap kemampuan berpikir kritis peserta sidik. Model pembelajaran ini merupakan model yang berkaitan dengan realita yang ada dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre Experimenttal One Group Prerest-Posttest sehingga melibatkan kegiatan pretest sebelum adanya tindakan post test setelah adanya perlakuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes uraian, dan dianalisis dengan teknik Uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan analisis data yang dihasilkan pada
penelitian dengan softwere IBM SPSS 26, dapat diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari signifikan
(0,000 < 0,05). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RME efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SDN Ploso.
========================================================================================================================
In reality, mathematics is important and needed to solve everyday problems and in the field of education. This study aims to examine how effective the Realistic Mathematics Education (RME) learning model is in improving the critical thinking abilities of participants. This learning model is a model that related to existing reality and in accordance with everyday life day. This study uses a quantitative method with a Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest design, involving pretest activities before the intervention and posttest activities after the treatment. Data were collected using essay test sheets and analyzed using the Paired Sample T-Test technique. Based on the data analysis generated in the study using IBM SPSS 26 software, it can be seen that the Sig. value (2-tailed) is smaller than the significance level (0.000 < 0.05). Therefore, it can be concluded that the implementation of the RME learning model is effective in improving the critical thinking abilities of fifth-grade students at SDN Ploso.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematics Education, Berpikir Kritis, Sekolah Dasar Realistic Mathematics Education, Critical Thinking, Primary School. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 07:01 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 07:01 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/714 |