Susilowati, Putri Ayu (2024) DEVELOPING AN ANIMATED VIDEO INTEGRATED WITH SIDOARJO LOCAL WISDOM FOR TEACHING DESCRIPTIVE TEXT IN SEVENTH GRADE USING ADDIE MODEL. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 12 (2): 76. pp. 1-76. ISSN 2477-0221
Draft Artikel PUTRI AYU_V3 - Putri Ayu.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
Media pembelajaran memiliki peran penting di era sekarang ini karena kemajuan teknologi yang telah mengubah cara belajar dan mengakses informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan video animasi yang terintegrasi dengan kearifan lokal Sidoarjo untuk pembelajaran descriptive text. 2) Untuk mendeskripsikan produk pengembangan video animasi yang terintegrasi dengan kearifan lokal Sidoarjo untuk pengajaran descriptive text. 3) Untuk mengetahui implementasi pengembangan video animasi
terintegrasi kearifan lokal Sidoarjo untuk pengajaran teks deskriptif. 4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan video animasi yang terintegrasi dengan kearifan lokal Sidoarjo untuk pengajaran teks deskriptif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dan model ADDIE digunakan untuk prosedur penelitian. Kuesioner dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah media video animasi yang terintegrasi dengan kearifan lokal Sidoarjo mendapatkan persentase yang tinggi dari ahli media dengan nilai 93%, sedangkan ahli materi memberikan nilai 100%, keduanya diklasifikasikan sebagai sangat baik. Selain itu, respon siswa terhadap video animasi tersebut positif,
dimana siswa menyatakan ketertarikannya untuk menggunakan media pembelajaran teks deskriptif ini. Kesimpulannya, video animasi ini dapat digunakan secara efektif untuk mengajarkan teks deskriptif di kelas tujuh dan dapat membantu siswa memahami kearifan lokal di Sidoarjo.
========================================================================================================================
Learning media has an important role in this era due to advancements in technology that have transformed the way we learn and access information. The aims of this research are: 1) To describe the process of developing animated video integrated with Sidoarjo local wisdom for teaching descriptive text. 2) To describe the product development of animated video integrated with Sidoarjo local wisdom for teaching descriptive text.3) To determine the implementation of the development of animated video integrated with Sidoarjo local wisdom for teaching descriptive text. 4) To determine students' responses to the development of animated video integrated with Sidoarjo local wisdom for teaching descriptive text. The research design used in this study is
development research, and the ADDIE model was employed for the research procedure. Questionnaires and documentation were used for data collection. The result of the research is an animated video media integrated with Sidoarjo local wisdom received high percentage from media experts gave it a 93% rating, while the teaching material experts rated it at 100%, both classified as excellent. Furthermore, the student response to the animated video was positive, with students expressing their interest in using this learning media for descriptive text. In conclusion, the animated video can effectively be used to teach descriptive text in seventh- grade and can help students understand the local wisdom of Sidoarjo.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi; Kearifan Lokal; Teks Deskriptif; Model ADDIE Animated Video; Local Wisdom; Descriptive Text; ADDIE Model |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 04:04 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 04:04 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/710 |