PENDEKATAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) DAN SWOT (STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, AND THREATS) SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN UD. CIPTA KARYA MANDIRI

Alfarabi, M. Rusdi (2024) PENDEKATAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) DAN SWOT (STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, AND THREATS) SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN UD. CIPTA KARYA MANDIRI. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of M. Rusdi Alfarabi_11420022_TI_Skripsi Full - Malkist Abon.pdf] Text
M. Rusdi Alfarabi_11420022_TI_Skripsi Full - Malkist Abon.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah UD. Cipta Karya Mandiri memiliki masalah dengan pembukuan yang sederhana, sehingga data penjualan tidak lengkap. Sektor pemasaran yang kurang efektif juga menyebabkan strategi pemasaran yang telah dirancang dengan baik tidak dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan factor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran pada usaha tersebut serta menetapkan strategi pemasaran yang sesuai atau terbaik menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategi Planning Matrix) dan SWOT. Penelitian in merupakan jenis penelitian kualitatif yang mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuisioner sedangkan sampel yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan cara accidental sampling (sampel tanpa sengaja) yang digunakn sebagai sampel kuisioner.
Hasil dari penelitian ini mengenai bentuk strategi pemasaran yang akan dipakai oleh UD. Cipta Karya Mandiri. Berdasarkan pengolahan data didapatkan bahwa skor IFE dan EFE usaha tersebut berada di posisi Grow and Build. Strategi yang teppat untuk menentukan strategi pemasaran alternatif yang tepat digunakan cara matriks SWOT yang terdiri dari SO, WO, ST, dan WT. Ditemukan 7 strategi pemasaran alternatif setelah itu dicari strateg alternatif utama dengan metode
QSPM dengan melihat hasil TAS tertinggi yaitu menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar dalam memperluas pemasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Metode QSPM, dan Metode SWOT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:24
Last Modified: 09 Oct 2024 03:24
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item
View Item