Prasetyo, Onky Anjarmeiga (2024) PERANCANGAN FILM PENDEK “PERGI UNTUK PULIH” SEBAGAI MEDIA PROMOSI PT PARCO LAUT SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Onky Anjarmeiga Prasetyo_DKV_22420025_Perancangan Film Pendek Pergi untuk pulih Sebagai Media Promosi PT Parco Laut - Onky Anjar-2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
Abstract
PT. Parco Laut adalah Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) merupakan sebuah entitas swasta yang secara resmi beroperasi dalam bidang jasa penempatan pekerja migran Indonesia (P3MI) ke luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk merancang film pendek berjudul "Pergi untuk Pulih" sebagai media promosi bagi PT. Parco Laut, sebuah perusahaan penempatan Pekerja Migran Indonesia yang bertempat di Sidoarjo. Fokus utama penelitian ini adalah mengembangkan alur cerita dan karakter yang dapat menyampaikan pesan promosi dengan efektif. Metodologi yang digunakan Desain Komunikasi Visual Umum 2 mencakup riset, analisis, sintesis, tema/konsep, strategi komunikasi, value added, pemilihan media, visualisasi, serta produksi/finishing karya dari film tersebut terhadap promosi perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa film pendek ini efektif dalam menyampaikan pesan promosi dengan cara yang menarik dan memikat perhatian audience. Selain itu, distribusi digital film pendek ini berhasil mencapai audience yang lebih luas, sehingga meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan audience dengan PT. Parco Laut. Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi pada literatur tentang penggunaan media film sebagai alat promosi. Manfaat praktisnya meliputi peningkatan efektivitas promosi PT. Parco Laut dan memberikan inspirasi bagi perusahaan lain untuk menggunakan film pendek sebagai media promosi.
========================================================================================================================
PT. Parco Laut is an Indonesian Migrant Worker Placement Company (P3MI) is a private entity that is officially operating in the field of Indonesian migrant worker placement services (P3MI) abroad.
This research aims to design a short film entitled "Go to Recover" as a promotional medium for PT. Parco Laut, an Indonesian Migrant Worker placement company located in Sidoarjo. The main focus of this research is to develop
storylines and characters that can convey promotional messages effectively. The methodology used in General Visual Communication Design 2 includes research, analysis, synthesis, themes/concepts, communication strategies, value added, media selection, visualization, and production/finishing of the film for company promotion.
The results of the study show that this short film is effective in conveying promotional messages in an attractive way and captivating the audience's attention. In addition, the digital distribution of this short film managed to reach a wider audience, thereby increasing brand awareness and audience engagement with PT. Parco Laut. The theoretical benefit of this study is to contribute to the literature on
the use of film media as a promotional tool. The practical benefits include increasing the effectiveness of the promotion of PT. Parco Laut and provide inspiration for other companies to use short films as a promotional medium.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PT Parco Laut, Film Pendek, Media Promosi PT Parco Laut, Short Films, Promotional Media |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:30 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:30 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/583 |