PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR “AJENG PASTI BERANI” UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Arroisi, In’am Falahuddin (2024) PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR “AJENG PASTI BERANI” UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of IN'AM FALAHUDDIN ARROISI_22420033_DKV_PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR AJENG PASTI BERANI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR - In'am Falahuddin Arroisi 22420033.pdf] Text
IN'AM FALAHUDDIN ARROISI_22420033_DKV_PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR AJENG PASTI BERANI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR - In'am Falahuddin Arroisi 22420033.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk perancangan suatu media yakni buku cerita bergambar yang akan digunakan untuk mengedukasi para siswa tentang bahaya tindakan bullying. Tindakan bullying terjadi akibat kurangnya pengetahuan para siswa tentang bahaya bullying.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang mengacu pada pendapat Safanayong 2. Adapun pengumpulan data dilakukan menggunakan 3 medote yakni metode kuesioner, wawancara, dan studi literatur tentang bullying. Subjek metode kuesioner dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas 6 MI Bahrul Ulum Dungus Sukodono Sidoarjo. Hasil dari kuesioner tersebut menunjukkan adanya tindakan bullying yang terjadi di sekolah tersebut. Proses perancangan mencakup proses penentuan alur cerita, pembuatan ilustrasi, pemilihan warna dan tipografi yang sesuai dengan target pembaca. Hasil dari penelitian ini adalah buku cerita bergambar yang berjudul “Ajeng Pasti Berani” yang diharapkan dapat
meningkatkan minat baca, mengedukasi para siswa tentang bahaya tindakan bullying, dan mengembangkan sikap berani dalam kehidupan sehari-hari. Evaluasi dalam penelitian ini adalah analisis umpan balik dari para siswa. Kesimpulannya,
buku cerita bergambar “Ajeng Pasti Berani” diharapkan dapat memenuhi tujuan utamanya sebagai media edukasi yang efektif dan menambah minat baca bagi siswa sekolah dasar.
========================================================================================================================
This research aims to design a media, namely picture storybooks that will be used to educate students about the dangers of bullying. Bullying occurs due to students' lack of knowledge about the dangers of bullying.
This research is a type of qualitative research that refers to the opinion of Safanayong 2. The data collection was carried out using 3 methods, namely the questionnaire method, interviews, and a literature study on bullying. The subjects of the questionnaire method in this study were 25 6th grade students of MI Bahrul Ulum Dungus Sukodono Sidoarjo. The results of the questionnaire showed the existence of bullying that occurred in the school. The design process includes the process of determining the storyline, making illustrations, choosing colors and typography in accordance with the target audience. The result of this research is a picture story book entitled "Ajeng Pasti Berani" which is expected to increase reading interest, educate students about the dangers of bullying, and develop a brave attitude in everyday life. The evaluation in this research is the analysis of feedback from students. In conclusion, the picture story book "Ajeng Pasti Berani" is expected to fulfill its main purpose as an effective educational media and increase reading interest for elementary school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bullying, Keberanian, Media Edukasi Bullying, Courage, Educational Media
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:39
Last Modified: 02 Oct 2024 02:39
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item
View Item