Firmansyah, Dhika Oktavian (2024) PERANCANGAN MASKOT PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
DKV_SKRIPSI_22420003_Dhika Oktavian f - Dhika Oktavian.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
Maskot dapat diartikan sebagai representasi karakter, gambar, atau simbol yang mencerminkan semangat, nilai-nilai, dan karakteristik unik suatu institusi. Pada Situasi khusus DKV UNUSIDA, maskot dianggap sebagai elemen yang sangat signifikan dalam upaya identifikasi dan memperkuat citra DKV UNUSIDA ini di kalangan masyarakat umum, termasuk calon mahasiswa, staf, dan alumni. Maskot diharapkan dapat menjadi lambang yang merefleksikan esensi dan identitas khas DKV UNUSIDA, memberikan pengenalan yang mudah dan kuat terhadap
lembaga-lembaga tersebut dalam pikiran masyarakat dan pemangku kepentingan. Penelitian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi untuk menjawab suatu pertanyaan atau memecahkan suatu masalah.
Adanya identitas maskot ini penulis ingin citra DKV UNUSIDA terlihat positif terhadap masyarakat Sidoarjo dan juga menjadi pembeda dari Prodi DKV lain yang ada di Sidoarjo. Melihat hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, adanya sebuah maskot dapat meningkatkan branding DKV UNUSIDA kepada masyarakat umum. Hasil data tersebut, peneliti dapat melakukan ide konsep perancangan maskot DKV UNUSIDA. Tanpa meninggalkan unsur DKV nya, maskot tersebut harus memiliki ciri-ciri yang identik dengan UNUSIDA. Maka dapat diambil
kesimpulan yaitu penelitian ini berhasil merancang maskot dengan media utama buku grafik standar manual maskot sebagai dan media pendukungnya seperti keychain, lanyard, stiker, notebook, x-banner, mug, topi, kaos, totebag, pin dan pamflet/ brosur. Pembuatan maskot dalam perancangan ini yaitu memberikan identitas program studi agar mudah dikenali oleh calon mahasiswa dan masyarakat umum, sehingga program studi DKV UNUSIDA ini dapat mudah bersaing dengan kompetitor lainnya.
========================================================================================================================
A mascot can be defined as a representation of a character, image, or symbol that reflects the spirit, values, and unique characteristics of an institution. In the special situation of DKV UNUSIDA, the mascot is considered a very significant element in efforts to identify and strengthen the image of DKV UNUSIDA among the general public, including prospective students, staff and alumni. It is hoped that the mascot can become a symbol that reflects the essence and unique identity of DKV UNUSIDA, providing an easy and strong introduction to these institutions in the minds of the public and stakeholders. Research is an activity carried out to collect data and information to answer a question or solve a problem. With this mascot identity, the author wants the image of DKV UNUSIDA to look positive to the people of Sidoarjo and also differentiate it from other DKV study programs in Sidoarjo. Looking at the results of interviews conducted by researchers, having a mascot can increase DKV UNUSIDA's branding to the general public. As a result of this data, researchers were able to come up with conceptual ideas for designing the UNUSIDA DKV mascot. Without abandoning its DKV elements, the mascot must have characteristics that are identical to UNUSIDA. So it can be concluded that this research succeeded in designing a mascot with the main media being a standard mascot manual graphic book and supporting media such as keychains, lanyards, stickers, notebooks, x-banners, mugs, hats, t-shirts, totebags, pins and pamphlets/brochures. The creation of a mascot in this design is to provide an identity for the study program so that it is easily recognized by prospective students and the general public, so that the UNUSIDA DKV study program can easily compete with other competitors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Maskot, DKV UNUSIDA, Identitas visual Mascot, DKV UNUSIDA, visual identity. |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 04:38 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:38 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/572 |