DEVELOPING ADVANCED SPEAKING MODULE FOR ENGLISH CLUB STUDENT ACTIVITY UNIT AT UNIVERSITY OF NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO USING ADDIE MODEL

Ilma, Syarifah (2024) DEVELOPING ADVANCED SPEAKING MODULE FOR ENGLISH CLUB STUDENT ACTIVITY UNIT AT UNIVERSITY OF NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO USING ADDIE MODEL. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of SKRIPSI S1 SYARIFAH ILMA_41420020_UNUSIDA_new - syarifah ilma.pdf] Text
SKRIPSI S1 SYARIFAH ILMA_41420020_UNUSIDA_new - syarifah ilma.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan modul keterampilan berbicara untuk anggota tingkat lanjut UKM English Club di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya materi pembelajaran yang terstruktur dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris di kalangan anggota UKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat modul yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara dan kepercayaan diri dalam berbagai situasi, baik akademis maupun profesional. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE, meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahap analisis,
diidentifikasi bahwa anggota klub menghadapi tantangan seperti tingkat keterampilan berbicara yang beragam, kurangnya materi yang menarik dan terstruktur, mekanisme
umpan balik yang tidak memadai, dan jadwal pertemuan yang tidak teratur. Modul yang dikembangkan untuk melatih keterampilan berbicara baik secara individu maupun kelompok mencakup 12 tema: 1) Mari menjadi pembawa berita yang keren! 2) Mari menceritakan kembali sebuah cerita fiksi! 3) Mari bermain peran! 4) Mari menyajikan data! 5) Mari memberikan pidato yang inspiratif! 6) Mari menyampaikan pidato persuasif (berargumen tentang isu-isu sosial)! 7) Mari mencari solusi untuk masalah faktual! 8) Mari kita bahas berita-berita yang sedang hangat saat ini! 9) Mari memberi saran! 10) Mari melakukan debat mini yang menyenangkan! 11) Mari kita adakan kompetisi debat teknis! 12) Mari kita adakan debat berbasis kasus (debat nyata)! Hasil validasi dari ahli materi dan ahli desain menunjukkan bahwa modul memiliki kualitas “Sangat Baik”, dengan skor rata-rata 4,37 dan 3,95. Setelah melakukan revisi berdasarkan masukan dari para ahli, modul diimplementasikan kepada enam orang anggota tingkat lanjut. Umpan balik dari para anggota menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dengan skor rata-rata 4,32 yang menunjukkan bahwa modul ini telah sesuai dengan kebutuhan member. Kesimpulannya, pengembangan modul ini berhasil menciptakan modul yang dibutuhkan dengan kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran serta rubrik penilaian. Modul ini tidak hanya membantu dalam penguasaan bahasa Inggris tetapi juga membantu memberi percaya diri dalam berkomunikasi.
========================================================================================================================
This study focuses on the development of speaking skills modules for advanced members of the UKM English Club at the University of Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA) using the ADDIE model. The research is motivated by the dearth of structured and effective learning materials for enhancing English speaking abilities among UKM members. The objective of this study is to create a module that can enhance speaking abilities and selfconfidence in a range of contexts, including academic and professional settings. This
research employs the Research and Development (R&D) method with a focus on the ADDIE model, encompassing the following stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. In the analysis phase, it was identified that the members of the club faced a number of challenges, including a range of speaking skills, a lack of engaging and structured materials, inadequate feedback mechanisms, and irregular meeting schedules. The developed module, designed to enhance speaking skills, encompasses 12 themes and can be used both individually and in groups. 1)Let's be a cool news anchor! 2) Let's retelling a fiction story! 3) Let’s do role-play! 4) Let's presenting data! 5) Let's give an inspirational speech! 6) Let's deliver a persuasive speech (arguing for social issues)! 7) Let's find solutions for factual issues! 8) Let’s discuss highlight news nowadays! 9) Let's suggest! 10) Let's have fun mini debates! 11) Let's have a technical debate competition! 12) Let's have a case-based debate (real debate)!. The validation results from the subject matter and design experts indicate that the module has an excellent quality, with an average score of 4.37 and 3.95, respectively. Following the incorporation of feedback from the experts, the module was implemented among six advanced-level members. The feedback from these members demonstrated a high level of satisfaction, with an average score of 4.32, indicating that the module aligns with their needs. In conclusion, the development of this module has resulted in the creation of a comprehensive learning tool that incorporates fundamental competencies, indicators, learning objectives, and assessment rubrics. This module not only facilitates English language acquisition but also instills confidence in communication skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, model ADDIE, unit kegiatan mahasiswa English Club, pengembangan modul, mahasiswa Speaking skills, ADDIE model, student activity unit of English Club, module development, university students
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:47
Last Modified: 30 Sep 2024 03:47
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item
View Item