PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN GRABAGAN TULANGAN SIDOARJO

Aliyyah, Zahroul (2024) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN GRABAGAN TULANGAN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Zahroul Aliyyah_42420086_PGSD_Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil belajar Peserta didik pada Mata pelajaran IPAS di Kelas IV SDN Grabagan Tulangan Sidoarjo - Zahroul Aliyyah.pdf] Text
Zahroul Aliyyah_42420086_PGSD_Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil belajar Peserta didik pada Mata pelajaran IPAS di Kelas IV SDN Grabagan Tulangan Sidoarjo - Zahroul Aliyyah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Grabagan Tulangan Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar IPAS dikelas IV SDN Grabagan Tulangan. Teknik pengumpulan data
yang digunakan berupa tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas yang memperoleh hasil Sig (2-tailed)<0,005, uji reliabilitas menunjukkan bahwa lebih dari 0,06 sehingga dapat dikatakan bahwa data tersebut reliabel dan konsisten, uji normalitas dapat terlihat bahwa uji Shapiro-Wilk diketahui dengan nilai Sig 0,001 < 0,005 maka dapat dikatakan data tersebut berdistribusi normal, uji kemampuan hasil belajar dalam penelitian ini pembelajaran Pretest dengan memperoleh 21,73% terdiri dari 5 peserta didik pada kategori baik, nilai Posttest memperoleh 65,21% terdiri dari 15 peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan metode Outdoor Learning bisa dikatakan berhasil dikarenakan adanya perubahan pada nilai Pretest dan Posttest tetapi belum bisa
mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Uji hipotesis menunjukkan Sig (2tailed) 0,000 < 0,005 (Kurang dari 0,005) maka dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar IPAS pada Pretest dan Posttest. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaranOutdoor Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN Grabagan Tulangan Sidoarjo.
========================================================================================================================
This research was carried out at SDN Grabagan Tulangan Sidoarjo. The aim of this research is to find out whether there is an influence of the Outdoor Learning method on science learning outcomes in class IV at SDN Grabagan Tulangan. The data collection technique used is a test. The data analysis technique in this research uses a validity test which obtains Sig (2-tailed) <0.005, the reliability test shows that it is more than 0.06 so it can be said that the data is reliable and consistent, the normality test can be seen that the Shapiro-Wilk test is known with a Sig value of 0.001 < 0.005, it can be said that the data is normally distributed, the ability test of learning outcomes in this research was Pretest learning with a score of 21,73% consisting of 5 students in the good category, a posttest score of 65.21% consisting of 15 students. . In this research, using the Outdoor Learning method can be said to
be successful due to changes in the Pretest and Posttest scores but it has not been able to reach the minimum completeness criteria (KKM). Hypothesis testing shows Sig (2-tailed) 0.000 < 0.005 (Less than 0.005), so it can be seen that there is a real difference between the science learning results in the Pretest and Posttest. So this
research can be concluded that there is an influence of the Outdoor Learning learning method on students' learning outcomes in science subjects in class IV at SDN Grabagan Tulangan Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, metode outdoor learning, hasil belajar, IPAS, kelas IV influence, outdoor learning method, learning outcomes, science, grade IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:47
Last Modified: 27 Sep 2024 02:47
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item
View Item