PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA JARING-JARING BANGUN RUANG BERBASIS ADOBE FLASH KELAS V SD NEGERI KALISAMPURNO 3 TANGGULANGIN

Arianto, Yanuar Dwi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA JARING-JARING BANGUN RUANG BERBASIS ADOBE FLASH KELAS V SD NEGERI KALISAMPURNO 3 TANGGULANGIN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of YanuarDwiArianto_42419083_PGSD_Pengembangan Media Pembelajaran Matematikan Jaring-jaring Bangun Ruang Berbasis Adobe Flash - yanuar dwi.pdf] Text
YanuarDwiArianto_42419083_PGSD_Pengembangan Media Pembelajaran Matematikan Jaring-jaring Bangun Ruang Berbasis Adobe Flash - yanuar dwi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah yang ditemukan di SD Negeri Kalisampurno 3 Tanggulangin yaitu tersedianya fasilitas teknologi namun terdapat keterbatasan media pembelajaran interaktif matematika yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasikan teknologi. Permasalahan yang ada kemudian dikembangkan dengan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama medeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. Dan yang kedua mendeskripsikan respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research dan Development (R&D) menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE dengan menggunakan 5 langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Produk divalidasi oleh 2 ahli untuk diuji validasi media dan materi serta menggunakan angket respon pendidik dan peserta didik. Hasil validasi oleh ahli media
memperoleh 94,6% dengan kriteria sangat layak, ahli materi memperoleh 97,7% dengan kriteria sangat layak. Respon pendidik memperoleh 100% dengan kategori sangat baik, dan angket respon peserta didik memperoleh 94,4% dengan kategori
sangat baik. Disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada materi jarring-jaring bangun ruang kelas V di SD yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
========================================================================================================================
This research is based on the problem found at SD Negeri Kalisampurno 3 Tanggulangin, namely the availability of technological facilities but there are limitations to interactive mathematics learning media caused by the teacher's lack of ability to operate technology. Existing problems are then developed using interactive learning media Adobe Flash. The aim of this research is first to describe
the process of developing interactive media-based learning Adobe Flash. And the second describes the response of educators and students to learning media. This type of research is Research and Development (R&D) using the ADDIE model development procedure using 5 steps, namely Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The product was validated by 2 experts to test media and material validation and used a response questionnaire from educators and students. Validation results by media experts obtained 94.6% with very feasible criteria, material experts obtained 97.7% with very feasible criteria. Educator responses were 100% in the very good category, and student questionnaire
responses were 94.4% in the very good category. It was concluded that interactive learning media is based Adobe Flash on the materials for constructing nets for class V in elementary school which were developed and suitable for use as learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran interaktif, jarring-jaring bangun ruang, Adobe Flash. Development, interactive learning media, space building networks, Adobe Flash.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:05
Last Modified: 26 Sep 2024 08:05
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item
View Item