PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN BLIGO CANDI SIDOARJO

Noviro, Wahyu Wulan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN BLIGO CANDI SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Wahyu Wulan Noviro_42420038_PGSD_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN - Wahyu Wulan Noviro.pdf] Text
Wahyu Wulan Noviro_42420038_PGSD_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN - Wahyu Wulan Noviro.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Model pembelajaran adalah rancangan yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan prosedur secara sistematis. Dalam model pengajaran yang melibatkan peserta didik pada proses pembelajaran yang kurang optimal akan
berdampak pada hasil belajar peserta didik. Sehingga nilai dari peserta didik pada mata pelajaran matematika masih di bawah KKM. Model pembelajaran Learning Cycle merupakan model pembelajaran yang memiliki 4 sintaks yaitu: mengalami,
refleksi, interpretasi, prediksi. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Bligo Candi Sidoarjo.
Berdasarkan data yang dikumpulkan dengan melalui tes dan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji wilcoxson. Hasil normlitas memperoleh nilai sig pretest sebesar 0,045 sehingga data pretest tidak berdistribusi normal. Nilai sig posttest sebesar 0,100 sehingga data posttest berdistribusi normal. Oleh karena nilai pretest tidak berdistribusi normal maka uji hipotesisi menggunakan uji non parametrik. Kemudian uji wilcoxson dalam penelitan ini diperoleh nilai sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesisi diterima. Yang artinya ada pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Bligo Candi Sidoarjo.
========================================================================================================================
A learning model is a design used to achieve learning objectives with systematic procedures. In a teaching model that involves students in a learning process that is less than optimal, it will have an impact on student learning outcomes. So the students' grades in mathematics are still below the KKM. The Learning Cycle learning model is a learning model that has 4 syntaxes, namely: experiencing,
reflecting, interpreting, predicting. Therefore, this research aims to describe the influence of the learning cycle learning model on learning outcomes in class IV
mathematics at SDN Bligo Candi Sidoarjo. Based on data collected through tests and analyzed using validity, reliability, normality, Wilcoxson tests. The normality results obtained a pretest sig value of 0.045 so that the pretest data was not normally distributed. The posttest sig value is 0.100 so the posttest data is normally distributed. Because the pretest scores are not normally distributed, the
hypothesis test uses a non-parametric test. Then the Wilcoxson test in this research obtained a sig value. (2-tailed) = 0.000 < 0.05 then it can be concluded that the hypothesis is accepted. Which means there is an influence of the learning cycle learning model on learning outcomes in class IV mathematics subjects at SDN Bligo Candi Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Learning Cycle, Hasil Belajar. Learning Model, Learning Cycle, Learning Outcomes.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:55
Last Modified: 26 Sep 2024 07:55
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item
View Item