PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D INTERACTIVE SOLAR SYSTEM PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI SDI WAHID HASYIM SIDOARJO

Tsabitha, Wahyu Indah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D INTERACTIVE SOLAR SYSTEM PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI SDI WAHID HASYIM SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Wahyu Indah Tsabitha_42420084_PGSD_Pengembangan Media Pembelajaran 3D Interactive Solar system pada mata pelajaran ipas kelas VI SDI Wahid Hasyim - wahyu indah Tsabitha.pdf] Text
Wahyu Indah Tsabitha_42420084_PGSD_Pengembangan Media Pembelajaran 3D Interactive Solar system pada mata pelajaran ipas kelas VI SDI Wahid Hasyim - wahyu indah Tsabitha.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada pada penggunaan media pembelajran sebelumnya pada materi sistem tata surya di kelas VI SDI Wahid Hasyim Sidoarjo. Pada pembelaaran sebeumnya terdapat masalah pada penggunaan media pembelajaran yang hanya disajikan dalam bentuk gambar dan media miniatur planet yang tidak bisa bergerak, sehingga ini mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk medeskripsikan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan Media Pembelajaran 3D Interactive Solar System. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan
(develop), penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dang angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran 3D Interactive Solar System sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran setelah melewati uji validasi ahli media dan ahli materi, serta mendapatkan respon dari guru dan peserta didik, selanjutnya dengan didukung hasil tes peserta didik. Hasil nilai rata-rata presentase yang diperoleh dari ahli media sebesar 82% dengan kategori “sangat Layak”. Hasil presentase ahli materi sebesar 83% dengan kategori “sangat
Layak”. Hasil respon guru sebesar 92% dengan kategori “sangat Layak”. Hasil respon peserta didik sebesar 90% dengan kategori “sangat Layak”. Serta keseluruhan hasil tes peserta didik kelas VI SDI Wahid Hasyim Sidoarjo yang
berada diatas 75. Jadi dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran 3D Interactive Solar System dinyatakan layak, praktis dan efektif sehingga media Media Pembelajaran 3D Interactive Solar System telah dapat dipergunakan untuk membantu pembelajaran.
========================================================================================================================
This research was motivated by problems that existed in the use of previous learning media on solar system material in class VI SDI Wahid Hasyim Sidoarjo. In previous learning, there were problems with the use of learning media which
were only presented in the form of pictures and miniature planet media which could not move, so this affected students' learning outcomes. The aim of this research was to describe the feasibility, practicality and effectiveness of the 3D Interactive Solar System Learning Media. This type of research is development research with a 4D model with the stages of defining, designing, developing, disseminating. The data collection techniques used were observation, tests and questionnaires. The data analysis used in this research is descriptive qualitative and quantitative. The results of this development research show that the 3D Interactive Solar System Learning Media is very suitable for use as a learning
media after passing validation tests from media experts and material experts, as well as getting responses from teachers and students, further supported by student test results. The average percentage value obtained from media experts was 82%
in the "very appropriate" category. The results of the material expert percentage were 83% in the "very appropriate" category. The teacher response results were
92% in the "very appropriate" category. The student response results were 90% in the "very appropriate" category. And the overall test results of class VI students at SDI Wahid Hasyim Sidoarjo were above 75. So it can be concluded that the 3D Interactive Solar System Learning Media was declared feasible, practical and effective so that the 3D Interactive Solar System Learning Media media can be used to help learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Interactive Solar System, Tata Surya Learning Media, Interactive Solar System, Solar System
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:44
Last Modified: 26 Sep 2024 07:44
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item
View Item