PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3 DIMENSI BERBASIS ASSEMBLR EDU MATERI STRUKTUR LAPISAN BUMI PADA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rikza, Uswa Fina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3 DIMENSI BERBASIS ASSEMBLR EDU MATERI STRUKTUR LAPISAN BUMI PADA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Uswa Fina Rikza_42420100_PGSD_Pengembangan Media 3 Dimensi Berbasis Assemblr Edu - Iswati Iswati.pdf] Text
Uswa Fina Rikza_42420100_PGSD_Pengembangan Media 3 Dimensi Berbasis Assemblr Edu - Iswati Iswati.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran menggunakan teknologi informasi (IT) merupakan media pembelajaran yang dibutuhkan pada abad 21. Media pembelajaran masih banyak menggunakan media cetak tempel disertai metode ceramah. Hal tersebut membuat
peserta didik cepat merasa bosan dan sulit memahami pesan yang disampaikan guru. Pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang peserta didik dapat mengakses materi melalui smartphone ataupun teknologi digital dengan mudah seperti media QR Code ini. Penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) model ADDIE. Mulai dari menganalisis kebutuhan peserta didik, karakteristik, serta kurikulum, langkah selanjutnya adalah mendesain produk media pembelajaran dilanjutkan mendesain media pembelajaran 3 dimensi. Langkah ketiga adalah mengembangkan produk melalui uji validasi ahli media serta materi, langkah keempat adalah implementasi kepada peserta didik, langkah keempat yakni
mengevaluasi dari semua tahapan yang telah dilalui. Hasil penelitian dalam uji validasi ahli serta angket respon peserta didik. Berdasarkan uji validasi ahli media pada tahap kedua memperoleh skor 92% dengan kategori sangat layak dan valid digunakan dan memperoleh skor 98% dengan kriteria sangat layak dan valid digunakan pada validasi ahli materi. Hasil respon peserta didik pada media pembelajaran 3 dimensi berbasis Assemblr Edu ini mendapatkan antusias respon yang sangat baik dibuktikan pada hasil persentase rata-rata mencapai 91% menarik digunakan.
========================================================================================================================
Learning media using information technology (IT) is the learning media needed in the 21st century. Many learning media still use sticky print media accompanied by lecture learning models. This makes students quickly feel bored and find it difficult to understand the message conveyed by the teacher. By utilizing increasingly developing technology, students can easily access material via smartphone or
digital technology such as QR Code media. This research uses the ADDIE Research and Development (RnD) model. Starting from analyzing the situation, designing learning media products, continuing with designing 3-dimensional learning media. The third step is to develop the product through media and material expert validation tests, the fourth stepis implementation to students, the fourth step is to
evaluate all the stages that have been passed. Research results in expert validation tests and student response questionnaires. Based on the media expert validation test
in the second stage, they obtained a score of 92% with the category very feasible and valid to use and obtained a score of 98% with the criteria very feasible and valid for use in material expert validation. The results of students' responses to the 3-dimensional learning media based on Assemblr Edu received very enthusiastic responses as evidenced by the average percentage results reaching 91% valid for use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran 3 Dimensi, QR Code, Assemblr Edu, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Learning Media 3 Dimensional, QR Code, Assemblr Edu, Natural and Social Sciences
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Sep 2024 05:16
Last Modified: 26 Sep 2024 05:16
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item
View Item