PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI NORMA KELAS V SDN KETEGAN TANGGULANGIN SIDOARJO

Wahyuningtias, Tri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI NORMA KELAS V SDN KETEGAN TANGGULANGIN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Tri Wahyuningtias_42420046_Pengembangan Media Game Edukasi Genially Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Norma Kelas V SDN Ketegan Tanggulangin Sidoarjo - 20B_046_ Tri Wahyuningtias.pdf] Text
Tri Wahyuningtias_42420046_Pengembangan Media Game Edukasi Genially Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Norma Kelas V SDN Ketegan Tanggulangin Sidoarjo - 20B_046_ Tri Wahyuningtias.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan game edukasi Genially untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi norma kelas V SDN Ketegan Tanggulangin Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), and evaluation (evaluasi). Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu game edukasi Genially. Game edukasi dibuat berbantuan software Genially yang outputnya dapat diaplikasikan menggunakan smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi sebagai media pembelajaran memenuhi: 1) persentase kevalidan game edukasi dari ahli materi 93,84% (sangat valid) dan dari ahli desain 82,96% (cukup valid), 2) persentase kepraktisan game edukasi oleh guru 94,66% dan oleh peserta didik 90,08%, 3) persentase rata-rata keefektifan game edukasi berdasarkan skor angket
minat belajar, ketuntasan tes hasil belajar, serta pada lembar observasi aktivitas peserta didik sebesar 89,3 % (sangat efektif). Peneliti menyarankan agar penelitian
selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran dengan inovasi lainnya untuk menghasilkan game edukasi yang lebih baik dan menarik.
========================================================================================================================
This research aims to produce Genially educational games to increase students' interest in learning in grade V norm material of SDN Ketegan Tanggulangin Sidoarjo. This research is a development research using the ADDIE model which includes analyze, design, development, implementation, and evaluation. The results of the research obtained are the educational game Genially. Educational games are made with the help of Genially software whose output can be applied using smartphones. The results showed that educational games as a learning medium met: 1) the percentage of validity of educational games from material experts was 93.84% (very valid) and from design experts was 82.96% (quite valid), 2) the percentage of practicality of educational games by teachers was 94.66% and by students was 90.08%, 3) the average percentage of game effectiveness education based on the score of the learning interest questionnaire, the completeness of the learning outcome test, and on the observation sheet of student activities of 89.3% (very effective). The researcher suggests that further research can develop learning media with other innovations to produce better and more interesting educational games.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Genially, Minat Belajar Peserta Didik, Norma Educational Games, Genially, Students' Learning Interests, Norms
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Sep 2024 05:04
Last Modified: 26 Sep 2024 05:04
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item
View Item