PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN TANGGA (PANGGA) UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SATUAN PANJANGKELAS 3 SDN PUCANG 4 SIDOARJO

A, Syavira Putri R. (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN TANGGA (PANGGA) UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SATUAN PANJANGKELAS 3 SDN PUCANG 4 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Syavira Putri R A_42420064_PGSD_Pengembangan Media Pembelajaran Papan Tangga (PANGGA) Pada Materi Satuan Panjang Kelas 3 SDN Pucang 4 Sidoarjo - 20B_64_Syavira Putri R.A.pdf] Text
Syavira Putri R A_42420064_PGSD_Pengembangan Media Pembelajaran Papan Tangga (PANGGA) Pada Materi Satuan Panjang Kelas 3 SDN Pucang 4 Sidoarjo - 20B_64_Syavira Putri R.A.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian skripsi ini peneliti membahas tentang pengembangan media papan tangga (pangga). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan media dan mendeskripsikan kelayakaan media monopoli digital serta respon guru dan peserta didik terhadap berfikir kritis peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan kuisioner dan tes. Lembar angket digunakan untuk mengetahui hasil validasi ahli materi dan ahli media serta untuk mengethui hasil respon guru dan peserta didik. Pada validasi tahap pertama ahli materi mendapatkan nilai persentase 75% dengan kategori layak digunakan dengan revisi. Pada validasi tahap revisi mendapatkan nilai persentase 82% dengan kategori sangat layak digunakan tanpa revisi. Selanjutnya validasi tahap pertama ahli media mendapatkan 86% dengan kategori layak digunakan dengan
revisi. Hasil analisis pre test peserta didik mendapatkan nilai 27,2 dan hasil post test mendapatkan nilai 42,8. Hasil analisis respon guru mendapatkan nilai persentase 87% dengan kategori sangat layak, dan hasil respon peserta didik mendapatkan nilai persentase 92% dengan kategori sangat layak.
========================================================================================================================
In this thesis research, the researcher discusses the development of ladder board (pangga) media. The development model used is the ADDIE model. The aim of this research is to develop media and describe the feasibility of digital
monopoly media as well as teachers' and students' responses to students' critical thinking. The data collection techniques used are observation, documentation and
questionnaires and tests. The questionnaire sheet is used to find out the validation results of material experts and media experts as well as to find out the results of teacher and student responses. In the first stage of validation, the material expert received a percentage score of 75% in the category suitable for use with revision. In the revision stage validation, the percentage score was 82% with the category very suitable for use without revision. Furthermore, in the first stage of validation, media experts got 86% with the category suitable for use with revisions. The results of the pre-test analysis of students got a score of 27.2 and the results of the post-test got a score of 42.8. The results of the analysis of teacher responses got a
percentage score of 87% in the very decent category, and the results of student responses got a percentage score of 92% in the very decent category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Papan Tangga, Satuan Panjang, Berfikir Kritis Ladder Board Media, Length Units, Critical Thinking
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:55
Last Modified: 26 Sep 2024 04:55
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item
View Item