PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AQUASCAPE PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM KELAS V SDI WAHID HASYIM SIDOARJO

Aliyya, Nisa’ul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AQUASCAPE PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM KELAS V SDI WAHID HASYIM SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Skripsi_Nisa'ul Aliyya_42420079_Pgsd 20C_ - 20C_03_ Latifatuz zuhriyah.pdf] Text
Skripsi_Nisa'ul Aliyya_42420079_Pgsd 20C_ - 20C_03_ Latifatuz zuhriyah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi yang telah dilakukan, dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem masih menggunakan metode ceramah serta kurangnya penggunaan media dalam memanfaatkan fasilitas yang memadai. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran aquascape materi ekosistem fase C kelas V. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan pengembangan media pembelajaran aquascape serta mendeskripsikan respon guru dan peserta didik terhadap hasil produk. Peneliti menggunakan metode
pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media aquascape sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran setelah melewati uji validasi ahli media dan materi. Hasil nilai rata-rata presentase yang diperoleh dari ahli media sebesar 82% dengan kriteria “Sangat Baik” dan ahli materi sebesar 93% dengan kriteria “Sangat Baik” dan respon guru sebesar 96% . dengan kriteria “Sangat Baik” dan respon peserta didik sebesar 80% dengan kriteria “Sangat Baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa media aquascape sudah dapat digunakan.
========================================================================================================================
This research is based on observations which has been done, in learning the lecture method is still used and there is a lack of media use in utilizing facilities that accommodate it. This research develops aquascape learning media for
ecosystem material in phase C for class V. The aim of this research is to describe the feasibility of developing aquascape learning media and to describe the responses of teachers and students to the product results. Researchers use the 4D development method. The data collection techniques used are observation, tests, questionnaires. The data analysis used in this research is descriptive qualitative and quantitative. The results of this development research show that Aquascape media is very suitable for use as a learning media after passing validation tests from media and material experts. The average percentage score obtained from media experts was 82% with the criteria "Very Good" and material experts were
93% with the criteria "Very Good" and the teacher response was 96%. with the criteria "Very Good" and the student response was 80% with the criteria "Very Good". So it can be concluded that the aquascape media can be used.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Aquascape, Ekosistem, IPAS Aquascape Learning Media, Ecosystem, Science
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:15
Last Modified: 26 Sep 2024 04:15
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item
View Item