PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK MATERI ENERGI KINETIK MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN BALONGGABUS CANDI SIDOARJO

Anggraeni, Nur Afrilia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK MATERI ENERGI KINETIK MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN BALONGGABUS CANDI SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of SKRIPSI NUR AFRILIA ANGGRAENI_42420113 - Nur Afrilia Anggraeni.pdf] Text
SKRIPSI NUR AFRILIA ANGGRAENI_42420113 - Nur Afrilia Anggraeni.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Balonggabus Candi Sidoarjo. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Balonggabus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Balonggabus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana penelitian ini penuh dengan perhitungan angka data. Data hasil penelitian
ini dihitung menggunakan SPSS versi 23. Jenis penelitian ini merupakan pre eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t-test. Terbukti dari penyajian data uji validasi, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji t-test yang dihitung dengan menggunakan SPSS versi 23.0. Hasil dari uji normalitas adalah nilai signifikansi 0,164 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilai pretest dan posttest berdistribusi normal dan berdasarkan hasil uji t-test nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pretest dan posttest artinya model pembelajaran Problem Based Learning mempunyai pengaruh pada kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi kinetik mata pelajaran IPAS kelas IV SDN Balonggabus Candi Sidoarjo.
========================================================================================================================
This research was carried out at SDN Balonggabus Candi Sidoarjo. The problem in this research is the low level of critical thinking ability of class IV students at SDN
Balonggabus. The aim of this research is to determine the effect of the Problem Based Learning model on the critical thinking abilities of class IV students at SDN Balonggabus. This research is quantitative research where this research is full of numerical data calculations. The data from this research were calculated using SPSS version 23. This type of research is a pre-experiment with a One Group Pretest-Posttest design. The data collection technique used is a test. Data analysis techniques use validity tests, reliability tests, normality tests, t-tests. This is proven
by the presentation of validation test data, validity test, reliability test, normality test and t-test calculated using SPSS version 23.0. The results of the normality test are a significance value of 0.164 > 0.05, so it can be concluded that the pretest and posttest values are normally distributed and based on the results of the t-test the
significance value is 0.000 <0.05. This shows that there is a difference between the pretest and posttest, meaning that the Problem Based Learning model has an influence on students' critical thinking abilities in the kinetic energy material in class IV science subjects at SDN Balonggabus Candi Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Energi Kinetik. Ilmu Pengetahuan Aalam dan Sosial/IPAS. Problem Based Learning Model, Critical Thinking, Kinetic Energy. Natural and Social Sciences/IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:33
Last Modified: 26 Sep 2024 03:33
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item
View Item