PENGARUH METODE GAMIFIKASI PERMAINAN HIDDEN MESSAGE PUZZLE BERBASIS PUZZLE MAKER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN SEKARDANGAN

Aisyah, Siti Nur (2024) PENGARUH METODE GAMIFIKASI PERMAINAN HIDDEN MESSAGE PUZZLE BERBASIS PUZZLE MAKER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN SEKARDANGAN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Siti Nur Aisyah_42420042_PGSD_Pengaruh Metode Gamifikasi-1 - 20B_42_ Siti Nur Aisyah.pdf] Text
Siti Nur Aisyah_42420042_PGSD_Pengaruh Metode Gamifikasi-1 - 20B_42_ Siti Nur Aisyah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sekardangan Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh, keefektifan,efisisensi dan praktis metode gamifikasi permainan hidden message puzzle berbasis puzzle maker terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SDN. Latar belakang penelitian ini dipengaruhi oleh masih kurangnya pemanfaatan teknologi pada pembelajaran di jenjang sekolah dasar. Hal lain yang melatarbelakangi ini yakni bahwa metode gamifikasi juga dapat diimplementasikan di jenjang sekolah dasar. Mata pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana penelitian ini penuh dengan perhitungan angka data. Data hasil penelitian ini dihitung menggunakan SPSS versi 26.0 Jenis penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji N-Gain. Terbukti dari penyajian data uji validasi, uji validitas, uji reliabilitas , uji normalitas dan uji t-test yang dihitung dengan menggunakan SPSS versi 26.0. Hasil
dari uji normalitas adalah nilai signifikansi pretest 0,200 > 0,05 dan nilai signifikansi posttest 0,200 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilai pretest dan posttest berdistribusi normal dan berdasarkan hasil uji n-gain nilai signifikansi 0,6256 berarti memiliki arti bahwa pembelajaran IPAS di kelas V dengan metode gamifikasi permaninan hidden message puzzle berbasis puzzle maker dapat dikatakan efektif dengan kriteria sedang.
========================================================================================================================
The research was conducted at SDN Sekardangan Sidoarjo. The purpose of this research is to know the influence, effectiveness, efficiency and practical methods of gamification of hidden message puzzle game based puzzle maker on the creative thinking ability of students of the V class SDN. The background of this research is influenced by the still lack of use of technology in learning at the level of primary school. The subjects used in this research are Natural and Social Sciences. This research is a quantitative study where this research is full of numerical calculations
of data. The data results of this study are calculated using SPSS version 26.0 This type of research is a pre-experiment with the design of One Group Pretest-Posttest. Data collection techniques used as tests and lifts. Data analysis techniques using validity tests, reliability tests, normality tests, N-Gain tests. Proved from the presentation of validity test data, validity trials, reliable tests, normality tests and t tests calculated using SPSS version 26.0. The result of the normality test is a pretest
significance value of 0.200 > 0.05 and a posttest significance of 0.05 then it can be concluded that the pretest and posttest values are distributed normally and based on the n-gain test results the significance rate of 0.6256 means that it means that learning IPAS in class V with the method of permanent gamification hidden message puzzle based puzzle maker can be said to be effective with moderate criteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Gamifikasi, Berpikir Kreatif, IPAS. Gamification Methods, Creative Thinking, IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:18
Last Modified: 25 Sep 2024 08:18
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item
View Item