PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA UNTUK PEMBELAJARANMEMBACA PADA MATERI PENGENALAN KOSAKATA DI KELAS I SDN KALISAMPURNO III

Munir, Sirozul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA UNTUK PEMBELAJARANMEMBACA PADA MATERI PENGENALAN KOSAKATA DI KELAS I SDN KALISAMPURNO III. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Sirozul Munir_42419101_PGSD_Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Pembelajaran Membaca Pada Materi Pengenalan Kosakata Di Kelas I SDN Kalisampurno III - 19B_24_ SirozulMunir-1.pdf] Text
Sirozul Munir_42419101_PGSD_Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Pembelajaran Membaca Pada Materi Pengenalan Kosakata Di Kelas I SDN Kalisampurno III - 19B_24_ SirozulMunir-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pendidik kurang memanfaatkan media pembelajaran yang direkomendasikan pada buku pegangan guru sebagai alat bantu untuk anak keterlambatan membaca. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah mendeskripsikan proses pembuatan media kartu kata, kedua yaitu mendeskripsikan kelayakan media kartu kata, dan ketiga yaitu mendeskripsikan respon pendidik.
Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Development research menurut Borg and Gall dengan tujuh langkah yang telah dimodifikasi yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi
desain (validasi media dan validasi materi), revisi desain, uji coba produk (kelas kecil dan kelas besar) dan revisi produk. Subjek pada penelitian ini adalah media pembelajaran Kartu Kata dalam materi Kosakata dengan objek pada penelitian ini yaitu validitas media pembelajaran Kartu Kata. Produk divalidasi kepada ahli materi, ahli media, dan pendidik dengan angket respon pendidik. Didapatkan perolehan persentase validasi materi 97% dan persentase validasi materi 86% dengan kategori “Sangat Layak” untuk dipakai sebagai media pembelajaran serta hasil perolehan angket respon pendidik terhadap media pembelajaran yang telah
dikembangkan berupa Kartu Kata pada materi pengenalan kosakata kelas I memperoleh kategori “Sangat Baik” dengan hasil persentase respon pendidik 100%. Disimpulkan bahwa media kartu kata untuk pembelajaran membaca pada materi pengenalan kosakata di kelas I SDN kalisampurno III yang
dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
========================================================================================================================
This study is motivated by educators not fully utilizing the learning media recommended in the teacher's handbook as an aid for children with reading delays. The first aim of this study is to describe the process of creating the word card media, the second is to describe the feasibility of word card media, and the third is to describe the educators' responses. The type of research used in this study is the
Development research method according to Borg and Gall, with seven modified steps: potential and problems, data collection, product design, design validation (media validation and material validation), design revision, product testing (small class and large class) and product revision. The subject of this study is the Word Card learning media about Vocabulary, and the object of this research is the validity of the Word Card learning media. Educational resource experts, media experts, and educators validated the product through an educators' response questionnaire. Material validation achieved a percentage of 97% and media validation achieved 86%, both categorized as "Very Feasible" for use as learning media. The survey
responses from educators on the developed learning media, specifically Word Card for Grade I vocabulary introduction, received a "Very Good" rating with a 100% response rate.It is concluded that the Word Card learning media for reading session in introduction to vocabulary subject for Grade I SDN Kalisampurno III is suitable for use as a learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Kartu Kata, Kosakata Development, Word Cards, Vocabulary
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:10
Last Modified: 25 Sep 2024 07:10
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item
View Item