PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN HITUNG (PITUNG) UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN CACAH KELAS III SDN KEBOGUYANG

Innayah, Shavira Nur (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN HITUNG (PITUNG) UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN CACAH KELAS III SDN KEBOGUYANG. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Shavira Nur Innayah_42419073_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN HITUNG (PITUNG) UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN CACAH KELAS III SDN KEBOGUYANG❤️ - 19A_17_Shavira Nur innayah.pdf] Text
Shavira Nur Innayah_42419073_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN HITUNG (PITUNG) UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN CACAH KELAS III SDN KEBOGUYANG❤️ - 19A_17_Shavira Nur innayah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan di SDN Keboguyang. Hasil analisis kebutuhan menyatakan bahwa materi pembagian dirasa sangat sulit untuk di pelajari. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III sekolah mengalami keterbatasan dalam menyediakan media pembelajaran untuk memahami konsep matematika. Berdasarkan karakteristik siswa kelas III,
maka dibutuhkan media pembelajaran konkret. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran papan hitung (PITUNG) pembagian bersusun dan mendeskripsikan kualitas produk media
pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa
kelas III SDN Keboguyang. Peneliti menggunakan teknik wawancara dan angket untuk mengumpulkan data penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara untuk guru dan lembar angket validasi dan respon siswa. Tahapan pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari lima tahapan yaitu, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran papan hitung (PITUNG) pembagian bersusun beserta manual book untuk siswa kelas III SDN Keboguyang dikategorikan sangat layak. Dari hasil validasi oleh ahli media diperoleh presentase sebanyak 88,3% dengan kategori "sangat layak". Sedangkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh presentase sebanyak 98% dengan kategori "sangat layak". Hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran papan hitung (PITUNG) pembagian bersusun sangat menarik dan mempermudah pemahaman siswa pada materi pembagian bersusun.
========================================================================================================================
This study was conducted based on the student’s need analysis result in Keboguyang State Elementary School. The analysis result shows that division materials are difficult to be learned by the students. Based on the interview
conducted with the third-grade teacher, the school lacks of learning media in teaching mathematic concepts. The third student’s characteristics show that the students need concrete learning media. Dealing with this fact, this study aims to develop a concrete learning media as a counting board to teach whole numbers division and to describe the learning media quality. The design of this study is developmental research that uses ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. The research subjects are the third-grade students of Keboguyang State Elementary School. The researcher collects the data
using an interview and questionnaire. There are three kinds of questionnaires; a learning media validation questionnaire, a teaching materials validation questionnaire, and a student’s response questionnaire. The developing processes applied in this study are Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The result of learning media and teaching materials validation shows that the quality of the counting board learning media is worthy to be used for division materials to third-grade students. The learning media validation result reaches 88,3% means “very worthy”. While the result of the teaching materials is 98% shows that the media is “very worthy”. In addition, the students’ response questionnaire shows that the Counting board is interesting and helps the students
to learn the tiered division materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pembagian bersusun counting boar learning media, tiered division
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:28
Last Modified: 25 Sep 2024 02:28
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item
View Item