PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI KELAS IV MATERI PECAHAN SENILAI SDN PUCANG 4 SIDOARJO

Kharisma, Asmaul (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI KELAS IV MATERI PECAHAN SENILAI SDN PUCANG 4 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of 42420059_Asmaul Kharisma - Mochammad Naza Ilham Yannis-1.pdf] Text
42420059_Asmaul Kharisma - Mochammad Naza Ilham Yannis-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan abad 21 yaitu keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, And Collaboration) menjadi kebutuhan setiap sekolah untuk membentuk peserta didik yang terampil dalam masyarakat abad 21. Dalam
mmeningkatkan kontribusi, kerjasama dan tanggung jawab peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi matematika materi pecahan senilai
kelas IV SDN Pucang 4 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan tes dan observasi, metode penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design, yaitu One Shot Case Study menggunakan satu kelompok subyek yang diberikan perlakuan dan tidak memiliki kelas kontrol. Sampel yang digunakan kelas IV B yang berjumlah 25 peserta didik, terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Untuk mengambil sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas. Untuk uji normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk mendapat nilai sig 0,001 < 0,05. Maka data tidak berdistribusi normal sehingga uji hipotesisnya menggunakan uji non parametric Mann Whitney Test memproleh nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi kelas IV materi pecahan senilai SDN Pucang 4
Sidoarjo.
========================================================================================================================
21st century skills, namely 4C skills (Critical Thinking, Creativity, Communication and Collaboration) are a need for every school to form students who are skilled in a 21st century society. In increasing the contribution, cooperation and responsibility of students. The aim of this research is to determine the effect of the Project Based Learning model on mathematics collaboration skills in class IV fraction material at SDN Pucang 4 Sidoarjo. The data collection technique in this research is using tests and observations. This research method uses Pre-Experimental Design, namely One Shot Case Study using one group of subjects who are given treatment and do not have a control class. The sample used was class IV B, totaling 25 students, consisting of 10 male students and 15 female students. To take samples using
Purposive Sampling technique. Instrument testing uses validity testing. For the normality test using the Shapiro Wilk test, the sig value was 0.001 < 0.05. So the data is not normally distributed so the hypothesis test uses the non-parametric Mann Whitney Test to obtain a sig value of 0.000 < 0.05, so Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is an influence of the Project Based Learning model on the collaboration skills of class IV fraction material worth SDN Pucang 4 Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, keterampilan kolaborasi, pecahan senilai Project Based Learning Model, collaboration skills, equivalent fractions
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 24 Sep 2024 08:15
Last Modified: 24 Sep 2024 08:15
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item
View Item