PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI BLENDER PADA BAB 4 TOPIK “ADA APA SAJA DI BUMI KITA ?” PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V

Anwar, Ridfia Ulinnuha (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI BLENDER PADA BAB 4 TOPIK “ADA APA SAJA DI BUMI KITA ?” PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Ridfia Ulinnuha Anwar_42420047_Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Blender - Ridfia Ulinnuha.pdf] Text
Ridfia Ulinnuha Anwar_42420047_Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Blender - Ridfia Ulinnuha.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat besar dalam membentuk karakter dan perkembangan anak, yang nantinya akan tumbuh menjadi manusia yang akan berinteraksi dan melakukan banyak hal terhadap lingkungan baik secara individu maupun sebagai makhluk sosial. Hasil studi lapangan, pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar selama ini menggunakan media pembelajaran yang konvensional. Data menunjukkan bahwa dari 33 peserta didik kelas V-B di SD Negeri Pucang 4 Sidoarjo kurangnya mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran IT yaitu berupa video animasi. Tujuan pengembangan adalah untuk mengembangkan media pembelajaran model ADDIE mata pelajaran IPAS BAB 4 Topik “Ada Apa Saja Di Bumi Kita ?”. Kelebihan dari model ADDIE adalah dikembangkan dengan melibatkan penilaian ahli. Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran video animasi yang mudah digunakan sehingga memudahkan peserta didik dalam belajar, yang meliputi: teks, gambar, animasi, audio. Instrumen pengumpulan data oleh peneliti adalah angket yang meliputi: angket ahli materi, angket ahli media, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi dilaksanakan satu kali dengan mendapatkan perolehan persentase 96% dengan keterangan sangat layak, tidak perlu direvisi. Hasil validasi ahli media setelah revisi memperoleh persentase 86% dengan keterangan sangat layak, tidak perlu direvisi. Hasil angket respon guru mendapatkan perolehan persentase 95,7% dengan kualifikasi sangat menarik dan hasil angket peserta didik mendapatkan perolehan persentase rata-rata 86,4% dengan kualifikasi sangat menarik
========================================================================================================================
Education has a very big role in shaping the character and development of children, who will later grow into humans who will interact and do many things with the environment both individually and as social creatures. The results of the field study show that learning to achieve basic competencies has so far used conventional learning media. Data shows that of the 33 students in class V-B at SD Negeri Pucang 4 Sidoarjo, the lack of learning using IT learning media, namely in the form of animated videos. The aim of the development is to develop learning media for the ADDIE model for the science and science subject CHAPTER 4 Topic "What is
there on our Earth?". The advantage of the ADDIE model is that it was developed by involving expert judgment. The product developed is animated video learning media that is easy to use, making it easier for students to learn, which includes: text, images, animation, audio. The instrument for collecting data by researchers is a questionnaire which includes: material expert questionnaire, media expert
questionnaire, teacher response questionnaire, and student response questionnaire. The results of material expert validation were carried out once and obtained a percentage of 96% with very appropriate information, no need for revision. The media expert validation results after revision obtained a percentage of 86% with very appropriate information, no need for revision. The results of the teacher response questionnaire obtained a percentage gain of 95.7% with very attractive qualifications and the results of the student questionnaire obtained an average percentage gain of 86.4% with very attractive qualifications.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penelitian pengembangan, Media pembelajaran video animasi, Sekolah Dasar. Development research, animated video learning media, elementary school.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:15
Last Modified: 24 Sep 2024 07:15
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item
View Item