PENGARUH MEDIA TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN SUKO 2 SIDOARJO

Tsalitsah, Nurus (2024) PENGARUH MEDIA TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN SUKO 2 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of NURUS TSALITSAH_42420001_PGSD_PENGARUH MEDIA TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN SUKO 2 SIDOARJO - Nurus Tsalitsah.pdf] Text
NURUS TSALITSAH_42420001_PGSD_PENGARUH MEDIA TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN SUKO 2 SIDOARJO - Nurus Tsalitsah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Suko 2 Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh media tangram terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran Matematika kelas V SDN Suko 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana data yang dihasilkan berupa angka. Data hasil penelitian dihitung mempergunakan SPSS versi 22. Jenis penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan desain One Shot Case Study. Teknik pengumpulan data
yang digunakan berupa tes. Teknik analisis data mempergunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis (run test), dan uji kemampuan berpikir kreatif. Dalam penelitian ini pembelajaran belum bisa dikatakan berhasil karena hanya 17 siswa atau sekitar 54,8% yang mencapai KKM. Hasil uji Run Test menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,494 > 0,05 yang berarti H0 diterima atau Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh media tangram terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran Matematika kelas V SDN Suko 2 Sidoarjo. Terdapat 5 faktor yang menyebabkan pembelajaran tidak berhasil atau tidak ada pengaruh diantaranya : (1) siswa belum terbiasa mempergunakan media tangram, (2) terbatasnya media tangram yang digunakan, (3) instrumen soal yang dirasa sulit oleh siswa, (4) keterbatasan waktu, dan (5) siswa bereksplorasi tidak sesuai dengan instruksi.
========================================================================================================================
This research was conducted at SDN Suko 2 Sidoarjo. The purpose of this study was to determine the effect of tangram media on creative thinking skills in fifth grade mathematics subjects at SDN Suko 2 Sidoarjo. This research is a quantitative study where the data generated in the form of numbers. The research data were calculated using SPSS version 22. This type of research is a pre-experiment with a
One Shot Case Study design. The data collection technique used was a test. The data analysis technique uses validity test, reliability test, normality test, hypothesis test
(run test), and creative thinking ability test. In this study, learning cannot be said to be successful because only 17 students or around 54.8% reached the KKM. The Run Test results show that the Asymp. Sig (2-tailed) 0.494 > 0.05 which means H0 is accepted or Ha is rejected. So it can be concluded that there is no effect of tangram media on creative thinking skills in Mathematics class V SDN Suko 2 Sidoarjo. There are 5 factors that cause learning to be unsuccessful or no effect including: (1) students are not accustomed to using tangram media, (2) limited tangram media
used, (3) question instruments that are considered difficult by students, (4) time constraints, and (5) students explore not according to instructions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Tangram, Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematika Tangram Media, Creative Thinking Ability, Mathematics
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:42
Last Modified: 24 Sep 2024 03:42
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item
View Item