PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS POWER POINT PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SDN KEDENSARI 2

Faridah, Nur Ilmi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS POWER POINT PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SDN KEDENSARI 2. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of NUR ILMI FARIDAH_D24180095_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS POWERPOINT PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SDN KEDENSARI 2 - Tandarra EkaPutri.pdf] Text
NUR ILMI FARIDAH_D24180095_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS POWERPOINT PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SDN KEDENSARI 2 - Tandarra EkaPutri.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Power Point pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SDN Kedensari 2 pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi sedangkan instrumen penelitiannya adalah lembar angket validasi. Dalam penelitian ini ada dua validator yang menilai media pembelajaran animasi berbasis power point yang
dikembangkan, yakni validator ahli media dan validator ahli materi. Hasil penilaian oleh validator ahli media adalah 80 % dan termasuk pada kategori valid. Sedangkan penilaian oleh validator ahli materi mendapatkan rata-rata skor sebesar 83%, sehingga dengan hasil ini dapat disimpulkan media valid dan dapat digunakan. Berdasarkan tingkat kepraktisan yang dikur menggunakan angket respon guru diperoleh nilai 100%. Sedangkan dari angket respon siswa diperoleh rata-rata skor 83,3%, sehingga dengan hasil ini dapat disimpulkan media sangat praktis dan dapat digunakan.
========================================================================================================================
This research aims to describe the process of developing Power Point-Based Animation Learning Media on Human Circulatory System Material at SDN Kedensari 2 for grade 5 elementary school students. This research includes development research using the ADDIE model. The data collection technique used was a validation questionnaire while the research instrument was a validation questionnaire sheet. In this research there were two validators who assessed the developed PowerPoint-based animation learning media, namely the media expert validator and the material expert validator. The assessment results by media expert validators were 80% and included in the valid category. Meanwhile, the assessment by material expert validators obtained an average score of 83%, so with these results it can be concluded that the media is valid and can be used.
Based on the level of practicality measured using a teacher response questionnaire, a score of 100% was obtained. Meanwhile, from the student response questionnaire, an average score of 83.3% was obtained, so with these results it can be concluded that the media is very practical and can be used.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Animasi, Power Point, Sistem Peredaran Darah Manusia Animation Learning Media, Power Point, Human Circulatory System
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:26
Last Modified: 24 Sep 2024 03:26
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item
View Item