PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN JEMIRAHAN

Hamdan, Muhammad Amir (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN JEMIRAHAN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Muhammad amir Hamdan_42420125_PGSD 2020A - Amir Hamdan.pdf] Text
Muhammad amir Hamdan_42420125_PGSD 2020A - Amir Hamdan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembelajaran yang efektif untuk berbagai macam karakter yang dimiliki peserta didik, salah satunya adalah pembelajaran berdiferensiasi. Sehingga, Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran
matematika materi bangun datar kelas 4 di SDN Jemirahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di SDN Jemirahan sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi semenjak diberlakukannya kurikulum merdeka. Pembelajaran berdiferensiasi sendiri diawali dengan pemetaan
kebutuhan belajar peserta didik melalui assesmen diagnostik, kemudian guru merancang pembelajaran menyesuaikan hasil dari assesmen tersebut. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru menggunakan 3 pembelajaran berdiferensiasi, diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Diferensiasi konten adalah pemberian materi yang berbeda sesuai dengan tingkat kesiapan yang berbeda, diferensiasi konten bisa berupa pertanyaan, bahan ajar, dan konten materi
yang berbeda. Kemudian diferensiasi proses merupakan kegiatan yang dilakukan peserta didik sesuai dengan kesiapan belajar mereka, sedangkan diferensiasi produk adalah hasil akhir peserta didik yang menunjukkan kemampuan pengetahuan,
ketereampilan dan pemahaman mereka. Namun, pada penerapannya guru juga memiliki beberapa permasalahan yang sering mereka hadapi terutama dalam hal waktu, seperti adaptasi guru dalam perencanaan dan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan karakteristik peserta didik berbeda.
========================================================================================================================
This thesis discusses effective learning for various kinds of characteristics of students, one of which is differentiated learning. Thus, the research carried out aims
to describe the application of differentiated learning in mathematics subjects for class 4 flat figures at SDN Jemirahan. This research uses qualitative research
methods with a qualitative descriptive design. The instruments used in this research were observation, documentation and interviews. The results of the research show that learning at SDN Jemirahan has implemented differentiated learning since the implementation of the independent curriculum. Differentiated learning itself begins with mapping students' learning needs through a diagnostic assessment, then the teacher designs learning according to the results of the assessment. Observation
results show that teachers use 3 differentiated learning, content differentiation, process differentiation, and product differentiation. Content differentiation focuses
on the delivery of material by teachers, process differentiation is the activities carried out by students in accordance with their learning readiness, while product
differentiation is the final result of students who demonstrate their knowledge, skills and understanding. However, in its application teachers also have several problems that they often face, especially in terms of time, such as teacher adaptation in planning and implementing differentiated learning to the characteristics of different
students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Assesmen diagnostik, kurikulum Merdeka, Pembelajaran berdiferensiasi Diagnostic assessment, Independent curriculum, Differentiated learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:51
Last Modified: 23 Sep 2024 07:51
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item
View Item