Laila, Lutfi Nurisma (2024) PERAN GURU DAN ORANG TUA PADA PRESTASI PESERTA DIDIK KELAS VI SDI AL MASLACHAH SUKODONO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
LUTFI NURISMA LAILA_42420017_PGSD_PERAN GURU DAN ORANG TUA PADA PRESTASI PESERTA DIDIK KELAS VI SDI AL MASLACHAH SUKODONO - lutfilaila sekolah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dan orang tua pada prestasi peserta didik kelas VI SDI Al Maslachah Sukodono. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode atau strategi studi kasus "Case Studies". Dengan kata lain, studi kasus merupakan penelitian dimana peneliti menggali suatu fenomena tertentu dalam suatu waktu menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data selama periode tertentu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ada 3 teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan cara trianggulasi atau gabungan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dimana tujuanya adalah untuk mengetahui peran guru dan orang tua pada prestasi
peserta didik kelas VI SDI Al Maslachah Sukodono. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa faktor motivasi dalam peran guru dan orang tua sangatlah mempunyai arti yang besar terhadap prestasi peserta didik kelas VI SDI Al Maslachah Sukodono. Dimana, motivasi sangatlah berpengaruh terhadap prestasi
peserta didik kelas VI SDI Al Maslachah Sukodono. Peran dari guru dan orang tua mempunyai posisi yang sama-sama penting untuk mendukung keberhasilan seorang siswa, baik dalam prestasi akademik ataupun nonakademiknya.
========================================================================================================================
The study aims to elucidate the roles of educators and parents in shaping the academic achievements of sixth-grade students at SDI Al Maslachah Sukodono. Utilizing a qualitative approach, the research employs the "Case Studies" method, involving an in-depth examination of a specific phenomenon over an extended period through diverse data collection methods, including observation, interviews,
and documentation, with triangulation used for data validation. Subsequently, data analysis encompasses data reduction, presentation, conclusion drawing, and verification. The study seeks to discern the impact of educators and parents on the academic achievements of these students. The findings underscore the substantial
influence exerted by both educators and parents on the academic and nonacademic accomplishments of these students. The research results show that motivation factors in the role of teachers and parents have a big meaning in the
achievement of class VI students at SDI Al Maslachah Sukodono. Where, motivation greatly influences the achievement of class VI students at SDI Al Maslachah Sukodono. The roles of teachers and parents are equally important in supporting a student's success, both in academic and non-academic achievements.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Peran Orang Tua, Prestasi siswa Teacher Role, Parent Role, Student Achievement |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 06:31 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:31 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/504 |