Wahyuningsari, Lis Nur (2024) PENGARUH MEDIA LUDO MATH TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN DI SDN SEKARDANGAN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Lis Nur Wahyuningsari_42420124_PGSD_Pengaruh Media Ludo Math - Lis Nur Wahyuningsari-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sekardangan Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media ludo math terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik kelas V materi perkalian dan pembagian pecahan di SDN Sekardangan Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana data yang berupa statistik. Data hasil penelitian dihitung menggunakan SPSS. Jenis
penelitian ini merupakan pre-eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, analisis data keterampilan kolaborasi. Dalam penelitian ini keterampilan kolaborasi peserta didik mendapatkan hasil persentase pada pertemuan pertama terdapat 74,2% dan pada pertemuan kedua terdapat 94% dari jumlah keseluruhan peserta didik. Sehingga dapat disimpulan peserta didik kelas V-2 dapat dikatakan terampil karena
di atas 70% dari jumlah peserta didik yang berada dikategori terampil dan sangat terampil. Hal ini dibuktikan hasil belajar menggunakan uji paired sample t-test menghasilkan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media ludo math terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Sekardangan Sidoarjo.
========================================================================================================================
This research was carried out at SDN Sekardangan Sidoarjo. The aim of this research is to determine the effect of ludo math media on the collaboration skills and learning outcomes of class V students on multiplication and division of
fractions at SDN Sekardangan Sidoarjo. This research is quantitative research where the data produced is in the form of numbers. The research data was calculated using SPSS. This type of research is a pre-experiment One Group Pretest-Posttest Design. The data collection techniques used are observation and tests. Data analysis techniques use validity test, reliability test, normality test, hypothesis test,
collaboration skills data analysis. In this research, students’ collaboration skills obtained a percentage result at the first meeting of 74.2% and at the second meeting
there were 94% of the total number of students. So it can be concluded that class V-2 students can be said to be skilled because above 70% of the total number of students are in the skilled and highly skilled categories. This is also proven by the learning results by carrying out the Paired Sample T-test which produces a Sig value. (2 tailed) of 0.000 < 0.05 indicates Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is a significant influence of ludo mathematics media on collaboration skills and learning outcomes in class V mathematics subjects at SDN Sekardangan Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Ludo Math, Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar, Matematika Media Ludo Math, Collaboration Skills, Learning Outcomes, Mathematics |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 06:20 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:20 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/503 |