PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV MATERI MAKNA SILA-SILA PANCASILA DI SDN PUCANG 4 SIDOARJO

Rosita, Iva Ainur (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV MATERI MAKNA SILA-SILA PANCASILA DI SDN PUCANG 4 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Iva Ainur Rosita_42420048_PGSD_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT Terhadap Kemampuan Berpiki - 20B_48_ Iva Ainur Rosita.pdf] Text
Iva Ainur Rosita_42420048_PGSD_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT Terhadap Kemampuan Berpiki - 20B_48_ Iva Ainur Rosita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV mengenai materi makna sila-sila Pancasila. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas IV-B
sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis tanpa menggunakan kelas pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis secara signifikan. Nilai rata-rata posttest mencapai 91 dibandingkan dengan nilai pretest 56,4. Dengan menggunakan IBM SPSS versi 26, analisis menunjukkan hasil signifikansi sebesar 0,000. Sementara uji wilcoxon menunjukkan tidak ada penurunan nilai dari pretest ke posttest, dengan mean rank 15,00 dan sum ranks sebesar 435,00. Pada uji n-gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,78 yang masuk dalam kategori tinggi. Selain itu, indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan peneliti, yakni bertanya dan menjawab pertanyaan, mengamati dan mempertimbangkan laporan observasi, membuat dan menentukan
hasil pertimbangan, mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan istilah, dan menentukan suatu tindakan, secara keseluruhan mengalami peningkatan. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT terbukti efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada materi makna sila-sila Pancasila, terlihat dari peningkatan hasil pretest dan posttest serta peningakatan persentase ketuntasan.
========================================================================================================================
This research aims to determine the effect of the TGT type cooperative learning model on the critical thinking abilities of class IV students regarding the meaning of the Pancasila principles. This research involved 30 class IV-B students as samples. This research uses a pretest and posttest to measure the increase in critical thinking skills without using a comparison class. The research results
show that the TGT type cooperative model can significantly improve critical thinking skills. The average posttest score reached 91 compared to the pretest score of 56.4. Using IBM SPSS version 26, the analysis shows a significance result of 0.000. Meanwhile, the Wilcoxon test showed that there was no decrease in scores from pretest to posttest, with a mean rank of 15.00 and a sum rank of 435.00. The n-gain test shows an increase of 0.78 which is in the high category.
Apart from that, the indicators of critical thinking skills used by researchers, namely asking and answering questions, observing and considering observation reports, making and determining the results of considerations, defining terms and considering terms, and determining an action, have overall increased. The TGT type cooperative learning model has proven to be effective in improving the critical thinking skills of class IV students on the meaning of the Pancasila principles, as seen from the increase in pretest and posttest results as well as the increase in the percentage of completion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe TGT, kemampuan berpikir kritis TGT type cooperative learning model, critical thingking skills
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:57
Last Modified: 23 Sep 2024 04:57
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item
View Item