PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK SIFAT CAHAYA (KOSICA) MATA PELAJARAN IPAS PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA KELAS V SDN MAGERSARI

Indrawati, Iin (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK SIFAT CAHAYA (KOSICA) MATA PELAJARAN IPAS PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA KELAS V SDN MAGERSARI. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Iin Indrawati_42420004_Pengembangan Media Kosica - Cinta Allah.pdf] Text
Iin Indrawati_42420004_Pengembangan Media Kosica - Cinta Allah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan peserta didik kelas V SDN Magersari yang masih mengalami kendala dalam pemahaman IPAS khususnya pada materi cahaya beserta sifatnya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis proses pengembangan media pembelajaran kotak sifat cahaya (kosica) mata pelajaran IPAS pada materi cahaya dan sifatnya kelas V SDN Magersari. 2) Untuk menganalisis hasil pengembangan media pembelajaran kotak sifat cahaya (kosica) mata pelajaran IPAS pada materi cahaya dan sifatnya kelas V SDN
Magersari. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran IPAS cahaya beserta sifatnya. Data dikumpulkan melalui wawancara untuk mendapatkan informasi permasalahan-permasalahan terkait pembelajaran, sedangkan observasi untuk mengamati dan mencatat permasalahan yang relevan secara langsung dilapangan, angket validasi ahli materi, ahli media, angket respon pendidik dan respon peserta didik digunakan untuk mengetahui kelayakan media. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menjawab berdasarkan data kuantitatif diperoleh hasil validasi materi memperoleh presentase 92% kategori “sangat layak” dan hasil validasi media memperoleh presentase 80% kategori “layak”. Kemudian hasil angket respon pendidik mendapatkan presentase 90% kategori “sangat baik” dan hasil angket respon peserta didik mendapatkan presentsae 91% kategori “sangat baik”. Dengan demikian media pembelajaran kotak sifat cahaya (kosica) materi cahaya beserta sifatnya pada kelas V SDN Magersari layak untuk digunakan dan sangat berpengaruh meningkatkan pemahaman belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran IPAS.
========================================================================================================================
This research was motivated by grade V students of SDN Magersari who were still experiencing problems in understanding IPAS, especially in light material and its properties. The objectives of this study are 1) To analyze the process of developing learning media for light nature boxes (kosica) science subjects on light material and its nature class V SDN Magersari. 2) To analyze the results of the development of light nature box learning media (kosica) science subjects on light material and its nature class V SDN Magersari. This research is a development research using the ADDIE research model. The object in this study is the light science learning media and its properties. Data was collected through interviews to obtain information on learning-related problems, while observation to observe and record relevant problems directly in the field, validation questionnaires of material experts, media experts, educator response questionnaires and student responses were used to determine media feasibility. Data analysis techniques use
quantitative and qualitative data. The results of the study answered based on quantitative data, the results of material validation obtained a percentage of 92% of the "very feasible" category and the results of media validation obtained a percentage of 80% of the "feasible" category. Then the results of the educator response questionnaire get a percentage of 90% of the "very good" category and the results of the student response questionnaire get a percentage of 91% of the "very good" category. Thus, the learning media for the light nature box (kosica) of light material and its properties in class V SDN Magersari is suitable for use and is very influential in increasing students' learning understanding, especially in science subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Kotak Sifat Cahaya, Mata Pelajaran IPAS Development, Media Box Properties of Light, Science Subjects
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:46
Last Modified: 23 Sep 2024 04:46
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item
View Item