PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF RODA PUTAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK KELAS V SEKOLAH DASAR

Yuliadi, Hijratul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF RODA PUTAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of HIJRATUL YULIADI_42420077_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR - Hijratul Yuliadi-1.pdf] Text
HIJRATUL YULIADI_42420077_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR - Hijratul Yuliadi-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran interaktif roda putar FPB dan KPK kelas V Sekolah Dasar. Penggunaan media roda putar pada materi FPB dan KPK yang merupakan salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan pada mata pelajaran matematika untuk menunjang semangat belajar peserta didik dan mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. ADDIE merupakan singkatan dari proses Analysis (Analisis), Design (Desain), Development
(Pengembangan), Implementation (Implementasi/Pelaksanaan), dan Evaluation (Evaluasi). Pada prosesnya, langkah awal yang dilakukan yakni wawancara kepada guru kelas kemudian merancang desain media. Media dikembangkan melalui validasi ahli media dan materi, media yang telah jadi selanjutnya diimplementasikan ke peserta didik dan dievaluasi. Pada pengujian tingkat kelayakan ditinjau dari validasi ahli media dan materi dengan dua kali validasi. Validasi yang pertama mendapat skor persentase 71% dengan kategori “layak”. Validasi yang kedua terdapat peningkatan jumlah skor menjadi 84% dengan kategori “sangat layak”. Pada validasi materi dilakukan sekali, validasi materi mendapat skor persentase 90% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil yang dilakukan validator ahli media dan materi, maka media pembelajaran interaktif roda putar FPB dan KPK layak digunakan peserta didik kelas V Sekolah
Dasar. Pada uji respon guru mendapatkan skor 92% dengan kategori “sangat baik” dan uji respon peserta didik mendapatkan skor 89 % dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian maka sekolah dapat memanfaatkan media roda putar pada materi FPB dan KPK. dan perlu dikembangkan lebih sempurna lagi untuk menunjang minat belajar dan keaktifan peserta didik.
========================================================================================================================
This thesis aims to describe the process and results of the development of interactive learning media for the FPB and KPK rotating wheel for grade V of Elementary School. The use of rotating wheel media in FPB and KPK materials is one of the interactive learning media that can be used in mathematics subjects to support students' enthusiasm for learning and achieve learning objectives. This study uses
the ADDIE model. ADDIE stands for the process of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. In the process, the initial steps taken are interviews with class teachers and then designing media designs. The media is
developed through validation by media and material experts, the finished media is then implemented to students and evaluated. In the feasibility level test, it is reviewed from the validation of media and material experts with two validations. The first validation got a percentage score of 71% with the category "feasible". The second validation increased the number of scores to 84% with the category "very feasible". In the material validation carried out once, the material validation got a percentage score of 90% with the category "very feasible". Based on the results of
the expert validator of media and materials, the interactive learning media of the FPB and KPK rotating wheel is suitable for use by grade V Elementary School students. In the teacher response test, the score was 92% with the category of "very good" and the student response test scored 89% with the category of "very good". Thus, schools can utilize the rotating wheel media in the FPB and KPK materials. and it needs to be developed more perfectly to support student interest in learning and activeness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif, roda putar, ADDIE Interactive learning media, rotating wheel, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:52
Last Modified: 23 Sep 2024 04:03
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item
View Item