ANALISIS PERAN GURU PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN PLUMBON II

Hidayaturrohmah (2024) ANALISIS PERAN GURU PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN PLUMBON II. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Hidayaturrohmah_PGSD_42420062_Analisis Implementasi Peran guru-1 - Hidayaturrohmah.pdf] Text
Hidayaturrohmah_PGSD_42420062_Analisis Implementasi Peran guru-1 - Hidayaturrohmah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pada implementasi kurikulum merdeka di SDN Plumbon II pada mata pelajaran IPAS untuk kelas IV dan kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru yang sedang menempuh pendidikan
guru penggerak dan yang sudah mendapatkan sertifikasi guru penggerak. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah peran guru yang diimplementasikan pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pada implementasi kurikulum merdeka sudah diimplementasikan dengan sangat baik. Pada implementasi kurikulum merdeka, peran guru yang dilakukan dapat memperkuat etika karakter peserta didik, membiasakan peserta didik dalam mengembangkan kemandirian, mendorong kreativitas pada peserta didik dengan
melakukan inovasi pada pembelajaran, menghubungkan pembelajaran dengan konteks lokal, dan menyempurnakan dalam proses mewujudukan pembelajaran terpersonalisasi. Guru mengimplementasikan perannya dengan baik sehingga tercipta pembelajaran aktif dengan penerapan student center. Pada proses mengimplementasikan peran guru saat proses pembelajaran juga ditemukan beberapa kendala yang harus dihadapi. Kendala yang teridentifikasi pada penelitian
ini yaitu keterbatasan sumber daya pembelajaran, waktu, dan fokus peserta didik yang beragam. Kendala yang muncul tidak menjadi penghalang besar bagi guru untuk mengimplementasikan perannya dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Peran guru pada implementasi kurikulum merdeka sudah diimplementasikan dengan berbagai inovasi baru untuk mewujudkan pembelajaran menyenangkan dan merdeka bagi peserta didik.
========================================================================================================================
This research aims to describe the role of teachers in implementin the independent curriculum at SDN Plumbon II in science and social studies subjects for class IV and class V. the type of research used is descriptive qualitative research with data collectio techniques used, namely interviews, observation, and documentation. The subjects of this research are teachers who are currently studying as driving teachers and teachers who have received driving teacher certification. While the object of this research is the teachers role which is implemented during the learning process. Th results of this research indicate that te teachers role in implementing the independent curriculum has been implemented very well. In implementing the independent curriculum, the teachers role can strengthen students ethics and character, familiarize students with developing independence, encourage creativity in students by innovating learning. Connecting learning with lokal contexts, and perfecting the process of realizing personalied learning. The teacher implements his role very well so that active learning is created by implementing a student center.
In the process of implementing the teachers role during the learning process, several obstacles were also found that had to be faced. The obstacles identified in this research are limited learning resources, in the form of libraries and books, time, and the focus of diverse students. The obstacles that arise are not abig obstacle for teachers to implement their role in creating a pleasant learning atmosphere for students. The role if teachers in implementing the independent curriculum has been implemented with various new innovations to make learning fun and independent for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru, Peran Guru, Kurikulum Merdeka Teacher, The Role Teacher, Independent Curriculum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:06
Last Modified: 23 Sep 2024 03:06
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item
View Item