PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI DIGITAL (MODIG) PADA MATERI SIMBOL DAN SILA-SILA PANCASILA KELAS I SDN BLIGO

Gamelia, Erika Putri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI DIGITAL (MODIG) PADA MATERI SIMBOL DAN SILA-SILA PANCASILA KELAS I SDN BLIGO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of ERIKA PUTRI GAMELIA_42420031_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI DIGITAL (MODIG) PADA MATERI SIMBOL DAN SILA-SILA PANCASILA KELAS I SDN BLIGO - Erika Putri Gamelia_20_ PGSD.pdf] Text
ERIKA PUTRI GAMELIA_42420031_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI DIGITAL (MODIG) PADA MATERI SIMBOL DAN SILA-SILA PANCASILA KELAS I SDN BLIGO - Erika Putri Gamelia_20_ PGSD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pada penelitian skripsi ini peneliti membahas tentang pengembangan media monopoli digital (Modig). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan media dan
mendeskripsikan kelayakaan media monopoli digital serta respon guru dan peserta didik terhadap hasil media monopoli digital. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Lembar angket digunakan
untuk mengetahui hasil validasi ahli materi dan ahli media serta untuk mengethui hasil respon guru dan peserta didik. Pada validasi tahap pertama ahli materi mendapatkan nilai persentase 71,4% dengan kategori layak digunakan dengan
revisi. Pada validasi tahap revisi mendapatkan nilai persentase 90% dengan kategori sangat layak digunakan tanpa revisi. Selanjutnya validasi tahap pertama ahli media
mendapatkan 70% dengan kategori layak digunakan dengan revisi, pada tahap revisi mendapatkan 83,7% dengan kategori sangat layak digunakan tanpa revisi. Hasil analisis respon peserta didik dari beberapa aspek mendapatkan nilai persentase 95% dengan kategori sangat layak.
========================================================================================================================
In this thesis research, the researcher discusses the development of digital monopoly media (Modig). The development model used is the ADDIE model. The aim of this research is to develop media and describe the feasibility of digital monopoly media as well as the responses of teachers and students to the results of digital monopoly media. The data collection techniques used are observation, documentation and questionnaires. The questionnaire sheet is used to find out the validation results of material experts and media experts as well as to find out the results of teacher and student responses. In the first stage of validation, the material expert received a percentage score of 71.4% in the category suitable for use with revision. In the revision stage validation, the percentage score was 90% with the category very suitable for use without revision. Furthermore, in the first stage of validation, media experts got 70% in the category suitable for use with revisions, in
the revision stage they got 83.7% in the category very suitable for use without revisions. The results of the analysis of student responses from several aspects obtained a percentage score of 95% in the very appropriate category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Monopoli Digital, Simbol dan Sila-Sila Pancasila, Penelitian Pengembangan Digital Monopoly Media, Symbols and Principles of Pancasila, Development Research
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:50
Last Modified: 19 Sep 2024 04:50
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item
View Item