PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS IV SDN BLIGO

Sa’diyah, Divania Maymunatus (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS IV SDN BLIGO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Divania Maymunatus Sa'diyah_42420028_Pengembangan Media Pembelajaran-1 - Miftakhul Khoirul.pdf] Text
Divania Maymunatus Sa'diyah_42420028_Pengembangan Media Pembelajaran-1 - Miftakhul Khoirul.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena keterbatasan media pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung dan kemampuan berpikir kritis peserta didik
yang masih belum maksimal. Media yang digunakan selama proses pembelajaran yaitu media yang berupa PPT dan manual book sehingga membuat peserta didik sulit untuk memahami materi yang disampaikan. Berikut ini tujuan penelitian yaitu
(1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran diorama materi siklus air untuk peserta didik kelas IV SDN Bligo. (2) Mengetahui kelayakan media diorama siklus air untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Bligo. (3) Mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran diorama siklus air pada peserta didik kelas IV SDN Bligo. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan media pembelajaran yang
dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran diorama siklus air. Data dikumpulkan melalui wawancara, lembar angket validasi media, materi, tes keterampilan berpikir kritis, lembar angket respon pendidik, dan lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan
kuantitatif. Berdasarkan data kuantitatif diperoleh hasil validasi ahli media tahap 1 64,7% dan tahap 2 85,8%. Hasil validasi materi tahap 1 diperoleh skor 75,5% dan tahap 2 91,1%. Sedangkan hasil validasi tes tahap 1 diperoleh skor 74% dan tahap 2 91%. Selain itu uji respon pendidik diperoleh skor 83,5%, sedangkan uji respon peserta didik diperoleh skor 96,7%. Hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah dilakukan pretest dan posttest memperoleh skor nilai 0,50. Dengan demikian media pembelajaran diorama siklus air untuk peserta didim kelas
IV Sekolah Dasar layak untuk digunakan saat proses pembelajaran.
========================================================================================================================
This study is conducted because of the limitations of learning media used during learning and the critical thinking skills of students who are still not maximized. The
media used during the learning process is media in the form of PPT and manual books that make it difficult for students to understand the material presented. The objective of this research are (1) Knowing the process of developing diorama
learning media on water cycle material for grade IV students of SDN Bligo. (2) Knowing the feasibility of water cycle diorama media to train critical thinking skills of fourth grade students of SDN Bligo. (3) To know the response of educators and students to the use of learning media diorama of the water cycle in class IV students of SDN Bligo. Therefore, it is necessary to develop learning media that can train students' critical thinking skills during learning. This research is a development research using ADDIE model. The object of this research is water cycle diorama learning media. Data were collected through interviews, media validation questionnaire sheets, materials, critical thinking skills tests, educator response
questionnaire sheets, and student response questionnaire sheets. Data analysis techniques using qualitative and quantitative data. Based on quantitative data, the results of stage 1 media expert validation obtained 64.7% and stage 2 85.8%. The results of stage 1 material validation obtained a score of 75.5% and stage 2 91.1%. While the results of stage 1 test validation obtained a score of 74% and stage 2 91%. In addition, the educator response test obtained a score of 83.5%, while the student response test obtained a score of 96.7%. The results of improving students' critical
thinking skills after carrying out the pretest and posttest obtained a score of 0.50. Thus the learning media diorama of the water cycle for fourth grade elementary school students is suitable for use during the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Media Diorama Siklus Air, Pengembangan Development, Learning Media Water Cycle, Critical Thingking
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 19 Sep 2024 03:27
Last Modified: 19 Sep 2024 03:27
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item
View Item