PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SIMULASI PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS IV SDN SEKARDANGAN

Oktavia, Astri Ayu (2024) PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SIMULASI PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS IV SDN SEKARDANGAN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of ASTRI AYU OKTAVIA_42420039_PGSD_PENAGRUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SIMULASI PHET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS IV SDN SEKARDANGAN_compressed - Astri Ayu Oktavia_20 _PG.pdf] Text
ASTRI AYU OKTAVIA_42420039_PGSD_PENAGRUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SIMULASI PHET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS IV SDN SEKARDANGAN_compressed - Astri Ayu Oktavia_20 _PG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sekardangan Sidoarjo. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Sekardangan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis simulasi phet terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perubahan energi kelas IV SDN Sekardangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana data yang dihasilkan berupa angka. Data hasil penelitian dihitung menggunakan SPSS 26.0. Jenis penelitian ini merupakan pre eskperimental dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Teknik analisis data
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji paired sampel t test. Hasil dari uji validitas bahwa soal nomer 1-10 dinyatakan valid, uji reliabilitas mendapat nilai Cronbach Alpha 0,962 > 0,6. Uji normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk adalah nilai signifikansi pretest 0,113 dan posttest 0,131 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilai pretest dan posttest berdistribusi normal dan berdasarkan hasil uji t-test nilai signifikanasi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil implementasi LKPD berbasis simulasi PhET didapatkan bahwa indikator kemampuan berpikir kritis 1) memberikan penjelesan sederhana sebesar 73%, 2) memberikan penjelasan lanjut sebesar 87%, 3) membangun keterampilan dasar sebesar 91%, 4) mengatur strategi dan taktik sebesar 90%, 5) menyimpulkan sebesar 84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh LKPD berbasis simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perubahan energi
kelas IV SDN Sekardangan.
========================================================================================================================
This reseacrh was carried out at SDN Sekardangan Sidoarjo. The problem in this research is the low critical thinking ability of class IV students ar SDN Sekardangan. The aim of this research is to explain the effect of student worksheets
based on PhET simulations on critical thinking skills in class IV energy change material at SDN Sekardangan. This research is quantitative research where the data produced is in the form of numbers. Research data were calculated using SPSS 26.0. This type of research is pre-experimental with a One Group Pretest Posttest Design. The data collection techniques used are tests and observations. Data analysis
techniques use validity tests, reliability tests, normality tests, and paired sample t tests. The results of the validity test show that questions number 1-10 are declared
valid, the reliability test gets a Cronbach Alpha value of 0.962 > 0.6. the normality test using the Shapiro Wilk test is a pretest significance value of 0.113 and a posttest
of 0.131 > 0.05, so it can be concluded that the pretest and The posttest was normally distributed and based on the results of the t-test the significance value was 0.000 <0.05. based on the results of the implementation of the PHET simulation based LKPD, it was faound that the critical thinking ability indicartors 1) provided simpel explananations at 73%, 2) provided further explanations further explanations at 87%, 3) built basic skills at 91%, 4) organized strategies and tactics at 90%, 5) concluded at 84%. So it can be concluded that there is an influence of
PhET simulation-based LKPD on critical thingting skills in class IV energy change material at SDN Sekardangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Berbasis Simulasi PhET, Kemampuan Berpikir Kritis Student Worksheets, PhET Simulation Based, Critical Thingking Ability.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:25
Last Modified: 18 Sep 2024 04:25
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item
View Item