PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CIBADAR PADA MATERI CIRI-CIRI BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV

Maulidyah, Aminah Nurhidayati (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CIBADAR PADA MATERI CIRI-CIRI BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of AMINAH NURHIDAYATI MAULIDYAH_D24180034_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CIBADAR - Aminah Nurhidayati Maulidyah.pdf] Text
AMINAH NURHIDAYATI MAULIDYAH_D24180034_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CIBADAR - Aminah Nurhidayati Maulidyah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif cibadar (ciri-ciri bangun datar) pada materi ciri-ciri bangun datar untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar yang menarik dan materi yang dipaparkan mudah dipahami. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan, yakni guru masih menggunakan buku dan alat peraga yang kurang menarik sehingga berdampak pada ketertarikan peserta didik dan pemahaman materi. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif cibadar ini. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pucang 3 Sidoarjo. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE dengan teknik pengumpulan data observasi, lembar validasi, angket respon, lembar penilaian,
dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 dan guru SDN Pucang 3 Sidoarjo. Hasil penelitian ini , pada saat melakukan validasi kepada ahli materi memperoleh skor 80% yang masuk dalam kriteria sangat layak. Sedangkan
validasi selanjutnya kepada ahli media yang dilakukan dua kali yakni tahap pertama memperoleh skor 62,5% yang masuk dalam kriteria kurang layak sehingga diperlukan validasi tahap kedua. Tahap kedua memperoleh skor 90% yang termasuk dalam kriteria sangat layak. Dari hasil respon guru mendapatkan skor 100% yang termasuk dalam kriteria sangat baik dan hasil respon peserta didik mendapatkan skor 100% yang juga dalam kriteria sangat baik. Penelitian ini, juga menggunakan hasil tes setelah menggunakan media cibadar dengan perolehan rata-rata kelas 94,07 yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif cibadar ini sangat layak dan
sangat baik untuk digunakan pada saat proses belajar mengajar.
========================================================================================================================
This development research aims to produce interactive learning media cibadar (characteristics of flat shapes) on material about characteristics of flat shapes for grade IV elementary school students that are interesting and the material presented is easy to understand. This research is based on the problem that the researcher found, namely that teachers still use books and teaching aids that are less interesting, which has an impact on students' interest and understanding of the material. Therefore, the researcher developed this cibadar interactive learning media. This research was carried out at SDN Pucang 3 Sidoarjo. The research model used is ADDIE with observation data collection techniques, validation sheets, response questionnaires, assessment sheets, and documentation. The subjects of this research were grade 4 students and the teacher at SDN Pucang 3 Sidoarjo. The results of this research, when validating the material experts, obtained a score of 80% which is included in the very appropriate
criteria. Meanwhile, further validation with media experts was carried out twice, namely the first stage obtained a score of 62.5% which was included in the inadequate criteria so a second stage of validation was needed. The second stage
obtained a score of 90% which is included in the very feasible criteria. From the results of the teacher's response, he got a score of 100% which is included in the
very good criteria and the results of the student's response got a score of 100% which is also in the very good criteria. This research also uses test results after using cibadar media with an average grade of 94.07 which is included in the very good criteria. It can be concluded that the Cibadar interactive learning media is very feasible and very good for use during the teaching and learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media interaktif cibadar, ciri-ciri bangun datar, matematika, kelas 4 Cibadar interactive media, characteristics of flat shapes, mathematics, 4th grade
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:40
Last Modified: 18 Sep 2024 02:40
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item
View Item