PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA 3 DIMENSI POSISI BENDA (DIOPOSBEN) UNTUK MELATIHKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI POSISI BENDA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SDN PUCANG 3 SIDOARJO

Imassya, Alifiya Yunda Sholikhatul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA 3 DIMENSI POSISI BENDA (DIOPOSBEN) UNTUK MELATIHKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI POSISI BENDA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SDN PUCANG 3 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of alifiya yunda_42420095_PGSD_Pengembangan media diorama - Alifiyayunda Icha.pdf] Text
alifiya yunda_42420095_PGSD_Pengembangan media diorama - Alifiyayunda Icha.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran diorama 3 dimensi posisi benda pada materi posisi benda mata pelajaran matematika, penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan temuan bahwa guru melakukan
pembelajaran seperti biasa dengan menggunakan metode ceramah sebagai metode pembelajaran. Oleh karena itu pembelajaran masih berpusat pada guru karena belum memanfaatkan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran. Kemudian, peneliti mengembangkan media pembelajaran 3 dimensi posisi benda. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pucang 3 Sidoarjo.
Model dalam penelitian yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan angket. Subjek dalam penelitian yakni peserta didik kelas 2 dan guru di SDN Pucang 3 Sidoarjo. Hasil penelitian ini, pada saat melakukan validasi kepada
ahli materi memperoleh skor 86% yang masuk pada kategori sangat layak. pada saat validasi kepada ahli media memperoleh skor 57% skor tersebut masuk pada kategori cukup layak, sehingga dilakukan validasi tahap kedua. Pada saat
validasi tahap kedua, memperoleh skor 84%. Skor tersebut masuk dalam kategori sangat layak. Dari hasil respon guru memperoleh skor 100% skor ini masuk dalam kategori sangat baik, hasil dari respon peserta didik memperoleh skor 86 % skor ini masuk kedalam kategori sangat baik. Penelitian ini juga menggunakan hasil tes setelah menggunakan media pembelajaran posisi benda, hasil tes memperoleh skor 81% yang termasuk kedalam kategori sangat baik untuk dijadikan pemahaman konsep pada materi posisi benda. Dapat disimpulkan bahwa media diorama 3 dimensi posisi benda sangat layak dan
sangat baik digunakan untuk media pembelajaran pada mata pelajaran posisi benda mata pelajaran matematika.
========================================================================================================================
This study aims to develop a 3-dimensional diorama learning media for object positions on the subject of object positions in mathematics, this study was based on the finding that teachers conduct learning as usual by using the lecture method as a learning method. Therefore, learning is still centered on the teacher because it has not utilized learning media as a means of learning. Then, the researcher developed a 3 dimensional object position learning media. This research was conducted at SDN Pucang 3 Sidoarjo. The model in the study used the ADDIE development model. This
study used data collection techniques in the form of observation and questionnaires. The subjects in the study were grade 2 students and teachers at SDN Pucang 3 Sidoarjo. The results of this study, when validating to material experts, obtained a score of 86% which was included in the very feasible category. when validating to media experts, obtained a score of 57%, the score was included in the fairly feasible category, so that the second stage of validation was carried out. At the time of the second stage of validation, a score of 84% was obtained. The score was included in the very feasible category. From the results of the teacher's response, the score was 100%, this score is included in the very good category, the results of the student's response obtained a score of 86%, this score is included in the very good category. This study also uses the test results after using the object position learning media, the test results obtained a score of 81% which is included in the very good category to be used as an understanding of the concept of the object position material. It can be concluded that the 3-dimensional diorama media of the object position is very feasible and very good to be used as a learning media in the subject of object position in mathematics

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media diorama 3 dimensi . Posisi benda. Pemahaman konsep 3-dimensional diorama media. Position of objects. Concept understandi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:05
Last Modified: 18 Sep 2024 02:05
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item
View Item