PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN SUKO 2 KECAMATAN SIDOARJO

Ni’mah, Aldona Lailatul (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN SUKO 2 KECAMATAN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of ALDONALAILATUL N_42420021_PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) - Aldona Lailatul N..pdf] Text
ALDONALAILATUL N_42420021_PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) - Aldona Lailatul N..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PJBL) berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV SDN Suko 2 kecamatan sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah sampel sebanyak 35 peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil uji normalitas pada pretest dengan nilai Sig (2-tailed) 0,070 dan nilai posttest Sig (2 tailed) 0,138; (2) hasil uji hipotesis menunjukkan sebesar 6,537 dan uji signifikasi menunjukkan hasil 0,000 < 0,05 dengan tingkat signifikasi adalah 5%, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning (PJBL) berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV SDN Suko 2 Kecamatan Sidoarjo dengan mata pelajaran keberagaman budaya di Indonesia; (3) Secara keseluruhan tingkat berpikir kritis (TBK) peserta didik peserta didik berada di level TBK 0 tidak ada, pada level TBK 1 bejumlah 15 peserta didik dengan perolehan persentase sebesar 42,86%, pada level TBK 2 berjumlah 12 peserta didik dengan perolehan
persentase sebesar 34,29% dan TBK 3 berjumlah 8 peserta didik dengan perolehan persentase sebesar 22,86%.
========================================================================================================================
This research aims to determine the effect of the Project Based Learning (PJBL) model based on differentiated learning on critical thinking skills in class IV Pancasila education subjects at SDN Suko 2, Sidoarjo sub-district. The population in this study were class IV students with a sample size of 35 students. The research uses a quantitative approach. The data analysis techniques used are validity test, reliability test, normality test and T-test. The research results showed (1) Normality test results on the pretest with a Sig (2-tailed) value of 0.070 and a posttest Sig (2-tailed) value of 0.138; (2) the results of the hypothesis test show 6.537 and the significance test shows a result of 0.000 < 0.05 with a significance level of 5%, which means that there is an influence of the Project Based Learning (PJBL) model based on differentiated learning on critical thinking skills in Pancasila education subjects class IV at SDN Suko 2 Sidoarjo District with subjects on cultural diversity in Indonesia; (3) Overall the level of critical thinking (TBK) of students is at TBK level 0, none, at TBK 1 level there are 15 students with a percentage gain of 42.86%, at TBK 2 level there are 12 students with a gain
the percentage was 34.29% and TBK 3 had 8 students with a percentage of 22.86%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning (PJBL), pembelajaran berdiferensiasi, Berpikir kritis Project Based Learning (PJBL) model, differentiated learning, critical thinking
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:30
Last Modified: 17 Sep 2024 07:30
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item
View Item