PENGARUH METODE READING ALOUD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA P ESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN BALONGGABUS SIDOARJO

Fashikhin, Akhmad Ferry Nur (2024) PENGARUH METODE READING ALOUD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA P ESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN BALONGGABUS SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of AKHMAD FERRY NUR FASHIKHIN_42420026_PGSD_Pengaruh Metode Reading Aloud Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Balonggabus Sidoarjo - fasikhin ferry.pdf] Text
AKHMAD FERRY NUR FASHIKHIN_42420026_PGSD_Pengaruh Metode Reading Aloud Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Balonggabus Sidoarjo - fasikhin ferry.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Balonggabus Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran reading aloud terhadap kemampuan literasi membaca pada materi eco brick peserta didik kelas II SDN Balonggabus. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang mana data yang dihasilkan berupa angka. Data hasil penelitian dihitung menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 26. jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design one group prettest posttest design. sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas II SDN Balonggabus sejumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis (Wilcoxon) terdapat pengaruh metode pembelajaran reading aloud terhadap kemampuan literasi membaca pada materi eco brick peserta didik kelas kelas II SDN Balongabus. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa nilai Asym. Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode reading aloud terhadap kemampuan literasi membaca peserta didik pada materi eco brick peserta didik kelas II SDN Balonggabus.
========================================================================================================================
This research was conducted at SDN Balonggabus Sidoarjo. The purpose of this study was to determine the effect of the reading aloud learning method on reading literacy skills on eco brick material for class II students of SDN Balonggabus. This research is a quantitative research where the data produced is in the form of numbers. The research data were calculated using the IBM SPSS Statistic 26 application. This type of research is an experimental study with a one group pretest posttest design. The sample used in this study was class II SDN Balonggabus totaling 35 students. The data collection techniques used were observation and testing. The data analysis technique used validity tests, reliability tests, normality tests and hypothesis tests (Wilcoxon) there was an effect of the reading aloud learning method on reading literacy skills on eco brick material for class II students of SDN Balongabus. This is evidenced by the Wilcoxon test value which shows that the Asym. Sig (2-tailed) value is 0.000 <0.05 then Ha is accepted then Ho is
rejected. So it can be concluded that there is an influence of the reading aloud method on students' reading literacy skills on the eco brick material of class II students at SDN Balonggabus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Reading Aloud, kemampuan literasi membaca, bahasa indonesia Reading Aloud, reading literacy skills, Indonesian language
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 17 Sep 2024 05:38
Last Modified: 17 Sep 2024 05:38
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item
View Item