Fajari, Akhmad Afif Al (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR RAMBU-RAMBU LALU LINTAS (MIRAMBULANTAS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Akhmad Afif Al Fajari_42420049_PGSD_Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Rambu-rambu Lalu Lintas (MIRAMBULANTAS) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar - Akhmad Afif Al Fajari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media, kelayakan media, dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran miniatur rambu-rambu lalu lintas “MIRAMBULANTAS” pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Magersari Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 4 tahap diantaranya yaitu; tahap pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Observasi bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada kelas IV SDN Magersari Sidoarjo, sedangkan angket bertujuan untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media MIRAMBULANTAS. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran tiga
dimensi miniatur rambu-rambu lalu lintas (MIRAMBULANTAS) ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran setelah melewati uji validasi ahli materi dengan hasil rata-rata skor sebesar 81,8%, uji ahli media dengan skor sebesar 100%,
angket respon pendidik dengan skor sebesar 100%, serta angket respon peserta didik dengan skor sebesar 93%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa media tiga dimensi miniatur rambu-rambu lalu lintas (MIRAMBULANTAS) sudah dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
========================================================================================================================
This research aims to describe the media development process, the suitability of the media, and determine the response of educators and students to the learning media
for miniature traffic signs "MIRAMBULANTAS" in class IV Indonesian language subjects at SDN Magersari Sidoarjo. The type of research used is development research proposed by Thiagarajan. The development procedure used in the research includes 4 stages, namely; stages of definition (define), planning (design), development (develop), and disseminate (disseminate). The data collection techniques used were observation and questionnaires. The observation aims to
determine the problems that occur in class IV of SDN Magersari Sidoarjo, while the questionnaire aims to determine the response of educators and students to MIRAMBULANTAS media. The data analysis used in this research is descriptive qualitative and quantitative. The results of this development research show that the three-dimensional learning media for MIRAMBULANTAS miniature traffic signs is
very suitable for use as a learning media after passing the material expert validation test with an average score of 81.8%, the media expert test with a score of 100% , teacher response questionnaire with a score of 100%, and student
response questionnaire with a score of 93%. Thus, it is concluded that the three dimensional media of MIRAMBULANTAS miniature traffic signs can be used as a learning medium.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Mirambulantas, Bahasa Indonesia Development, Mirambulantas Media, Indonesian |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 04:39 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 04:39 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/469 |