PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV DI SDN PUCANG 4 SIDOARJO.

Bila, Aliyah Salsa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV DI SDN PUCANG 4 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of A. SKRIPSI BAB 1 - 5 - aliyah salsa bila0531.pdf] Text
A. SKRIPSI BAB 1 - 5 - aliyah salsa bila0531.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada bulan Oktober di SDN Pucang 4 Sidoarjo tahun ajaran 2023/2024 menunjukkan bahwa Peserta didik sulit untuk memahami materi perubahan wujud benda karena guru kelas hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah sehingga materi yang diberikan membutuhkan waktu yang lama untuk dipelajari dan peserta didik mudah bosan. Hal ini tentu saja mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Peneliti akan melakukan penelitian di kelas IV SDN Pucang 4 Sidoarjo. Teknologi yang memadai, berada di pusat kota Sidoarjo dan belum pernah diterapkan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menjadi alasan peneliti akan melakukan penelitian di SDN Pucang 4 Sidoarjo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Model pembelajaran Flipped Classroom berdampak pada hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana penelitian ini penuh dengan perhitungan angka data. Data hasil penelitian ini dihitung menggunakan SPSS versi 23. Jenis penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis (t test). Berdasarkan uji normalitas dari hasil pretest dan postest diperoleh informasi jika masing – masing nilai sig 2-tailed yaitu 0,200 dan 0,120. Hasil signifikansi tersebut menunjukkan lebih dari 0,05 dengan demikian dapat dikatakan njika data berdistribusi normal. Oleh karena itu, uji hipotesis dengan paired sample t-test dapat dilakukan. Uji
hipotesis paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 (0,000<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya hipotesis menyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah diberikan model flipped classroom
========================================================================================================================
Based on observations conducted by researchers in October at SDN Pucang 4 Sidoarjo for the 2023/2024 academic year, it was found that students have difficulty understanding the
material on changes in the state of matter because the classroom teacher only uses the lecture method. Consequently, the material takes a long time to learn, and students easily get bored. This, of course, affects the students' learning outcomes. The researcher will conduct a study in the fourth grade of SDN Pucang 4 Sidoarjo. The availability of adequate technology, its location in the center of Sidoarjo, and the fact that the flipped classroom
model has never been applied to improve students' learning outcomes are reasons why the researcher will conduct the study at SDN Pucang 4 Sidoarjo. The aim of this study is to
determine the impact of the Flipped Classroom model on the learning outcomes of Science and Social Studies (IPAS) for fourth-grade students in elementary school. This study is a
quantitative research, which involves extensive data calculation. The research data will be analyzed using SPSS version 23. This type of research is a pre-experiment with a One Group Pretest-Posttest design. The data collection technique used is testing. Data analysis techniques include validity tests, reliability tests, normality tests, and hypothesis tests (t tests). Based on the normality test results from the pretest and posttest, it was found that the sig 2-tailed values were 0.200 and 0.120, respectively. These significance results indicate values greater than 0.05, thus it can be said that the data are normally distributed. Therefore, a hypothesis test with a paired sample t-test can be conducted. The hypothesis test with a paired sample t-test obtained a significance value of 0.000 (0.000 < 0.05), hence Ho is rejected and Ha is accepted. This means the hypothesis states that there is a difference
in students' learning outcomes before and after applying the flipped classroom model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran flipped classroom, hasil belajar peserta didik. Flipped classroom learning model, student learning outcomes.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:27
Last Modified: 17 Sep 2024 03:27
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item
View Item