PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI GAYA KELAS IV SD PLUS FATIMAH AZ-ZAHRO BUDURAN SIDOARJO

Adawiyyah, Siti Nafi'atul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI GAYA KELAS IV SD PLUS FATIMAH AZ-ZAHRO BUDURAN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of _Siti Nafi'atul Adawiyyah_42420121_Pengaruh Model Pembelajaran_Skripsi - nafi adawiyyah.pdf] Text
_Siti Nafi'atul Adawiyyah_42420121_Pengaruh Model Pembelajaran_Skripsi - nafi adawiyyah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis yang rendah penyebabnya adalah kurang efektifnya pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis kelas IV SD Plus Fatimah Az-Zahro dengan 24 peserta didik. Pentingnya guru untuk menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan bersifat nyata dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metodologi penelitian ini yaitu kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test post-test design. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu
Nilai thitung = 19,06 dan > ttabel = 2,06 Rata-rata nilai pretest yaitu 44 sedangkan posttest mengalami kenaikan yaitu 80. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan nilai pretest dan posttest yang diterapkannya model PBL. Dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPAS.
========================================================================================================================
This research is based on low critical thinking skills, the cause of which is the lack of effective learning in the classroom. This study aims to determine the influence of the PBL learning model on the critical thinking ability of grade IV SD Plus Fatimah Az-Zahro with 24 students. The importance of teachers to implement fun and real learning can improve students' critical thinking skills. The methodology of this research is quantitative, the type of research used is one group pre-test post-test design. The results obtained in this study are tcount value = 19.06 and ttable > = 2.06 The average pretest score is 44 while the posttest has increased, which is 80. This shows that there is a difference in the pretest and posttest scores applied by
the PBL model. It can be concluded that the PBL model has an effect on students' critical thinking skills in learning science sciences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model PBL, kemampuan berpikir kritis PBL model, critical thinking ability
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:50
Last Modified: 17 Sep 2024 02:50
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item
View Item