Aini, Yuniza Puspita Nur’ (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) BERBANTU CROSSWORD PUZZLE PADA SUBTEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SIDOKLUMPUK. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Skripsi Yuniza Terbaru - Yuniza Puspita Nur 'Aini.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design yang dilakukan di kelas III SDN Sidoklumpuk. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas III A sebagai kelas kontrol, dan kelas III C sebagai kelas eksperimen yang masing-masing kelas terdiri dari 28 siswa. Penelitin bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran TGT berbantu dan siswa yang berikan perlakuan model Konvesional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas III SDN Sidoklumpuk, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model TGT berbantu terhadap hasil belajar siswa pada subtema kewajiban dan hakku dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 88.80 dengan standar deviasi 8.084 dan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol 78.50 dengan standar deviasi 5.217. Taraf signifikansi t (tabel) dengan jumlah responden 30 = 0,361 sehingga dapat dilihat dari signifikansi yang dihasilkan pada uji t kelas eksperimen -6.683. Jadi dengan demikian model pembelajaran (TGT) berbantu Crossword Puzzle memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kewajiban dan hakku pada pembelajaran 2 kelas III SDN Sidoklumpuk.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran (TGT), , dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 05:26 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 02:59 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/432 |