PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PPKN MATERI GLOBALISASI KELAS VI SD NEGERI BLIGO KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO

Habibah, Ulfi Nur (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PPKN MATERI GLOBALISASI KELAS VI SD NEGERI BLIGO KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of ULFI NUR HABIBAH_D24180139_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PPKN MATERI GLOBALISASI KELAS VI SD NEGERI BLIGO KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO - Ulfi Nur Habibah.pdf] Text
ULFI NUR HABIBAH_D24180139_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PPKN MATERI GLOBALISASI KELAS VI SD NEGERI BLIGO KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO - Ulfi Nur Habibah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan produk media pembelajaran PPKn berupa komik digital untuk siswa Kelas VI SD. Berdasarkan pra penelitian di kelas VI SD, guru kelas belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif pada
pembelajaran PPKn dan hanya menggunakan buku siswa untuk media pembelajarannya. Hal ini berdampak pada media pembelajaran yang membosankan dan kurangnya minat belajar siswa sehingga perlu dilakukan pengembangan media komik digital pada pembelajaran PPKn materi globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, memvalidasi, mengujicoba, dan mengetahui respon siswa terhadap produk media komik digital. Metode yang digunakan yaitu R and D
dengan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model tersebut yakni (1) desain (2) perancangan (3) pengembangan (4) penyebaran. Hasil validasi ahli menunjukan tingkat kelayakan sebesar 62,8% “layak” dari ahli materi tahap 1, 94,8% untuk ahli materi tahap 2 “sangat layak” dan 92,3% dari ahli media yang jika dikualifikasikan memiliki kategori sangat layak. Hasil uji coba lapangan
menunjukan bahwa pengguna merasa tertarik dan termotivasi untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan media dengan respon yang diberikan pengguna yaitu sebesar 96% dari guru dan 90,5% dari siswa yang mengartikan bahwa produk sangat layak digunakan untuk pembelajaran.
========================================================================================================================
This research is the development of Civics learning media products in the form of digital comics for Grade VI elementary school students. Based on the pre-research in grade VI SD, classroom teachers have not used innovative learning media in Civics learning and only used student books for learning media. This has an impact on boring learning media and lack of interest in student learning so that it is necessary to develop digital comic media in PKn learning globalization materials. This study aims to develop, validate, test, and determine student responses to digital comic media products. The method used is R and D with a 4-D development model developed by Thiagarajan. The models are (1) define (2) design (3) development (4) deployment. The results of expert validation show a feasibility level of 62.8% "appropriate" from stage 1 material experts, 94.8% for stage 2 material experts "very feasible" and 92.3% from media experts who if qualified have a very feasible category. The results of field trials show that users feel interested and motivated to do learning by using the media with the responses given by users, namely 96% of teachers and 90.5% of students which means that the product is very suitable for learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komik Digital, Media Pembelajaran, PPKn, SD. Digital Comics, Learning Media, PPKn, Elementary School.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:46
Last Modified: 01 Mar 2024 02:56
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item
View Item