PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA MATERI SIKLUS AIR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN BLIGO CANDI

Khasanah, Rodhotul (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA MATERI SIKLUS AIR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN BLIGO CANDI. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of RodhotulKhasanah_D24180137_PGSD_Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Materi Siklus Air untuk peserta Didik Kelas V SDN Bligo Candi - Roudhotul Khasanah.pdf] Text
RodhotulKhasanah_D24180137_PGSD_Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Materi Siklus Air untuk peserta Didik Kelas V SDN Bligo Candi - Roudhotul Khasanah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keterbatasan dan kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi. Media yang digunakan selama pembelajaran yaitu media manual sehingga membuat peserta
didik sulit memahami materi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran diorama materi siklus air untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran
diorama materi siklus air untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. (3) mengetahui respon pendidik dan peserta didik terkait media pembelajaran diorama materi siklus air untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. Oleh karena itu,
dibutuhkan pengembangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada saat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian 4-D. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran diorama materi siklus air. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket validasi ahli materi dan ahli media, dan angket respon pendidik dan respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan kuantitatif diperoleh hasil validasi ahli materi tahap 1 58% dan tahap 2 78%. Sedangkan validasi ahli media diperoleh skor sebesar 77% dan tahap 2 96%. Selain itu, uji respon pendidik diperoleh skor 90%, sedangkan uji respon peserta didik diperoleh skor 96%. Dengan demikian media pembelajaran diorama materi siklus air untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar layak untuk digunakan.
========================================================================================================================
This research is motivated by the limitations and availability of learning media used in delivering the material. The media used during learning is manual media
so that it makes it difficult for students to understand the material. The objectives of this research are (1) To know the process of developing diorama learning media for air cycle material for fifth grade elementary school students. (2) To know the advisability of diorama learning media for air cycle material to fifth grade elementary school students. (3) To know the responses of educators and students regarding the water cycle material diorama learning media for fifth grade elementary school students. Therefore, it is necessary to develop learning media that can improve students' understanding during learning. This research is a
development research with a 4-D research model. The object of this research is the diorama learning media for the air cycle material. Data were collected through interviews, material expert and media expert validation questionnaires, and educator response questionnaires and student responses. The data analysis technique use quantitative and qualitative data. Based on the results of the validation of the material expert validation stage 1 58% and stage 2 78%. While the media expert validation obtained a score of 77% and stage 2 96%. In addition, the teacher's response test got a score of 90%, while the student's response test got a score of 96%. Thus the air cycle material diorama learning media for fifth grade elementary school students is feasible to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Diorama Siklus Air, Pengembangan, SD Elementary School, Development, Learning Media Water Cycle Diorama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:53
Last Modified: 01 Mar 2024 02:54
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item
View Item