PERAN SHADOW TEACHER PADA BLENDED LEARNING DI SDI AL-CHUSNAINI KLOPOSEPULUH SUKODONO

Adawiyah, Robi’atul (2022) PERAN SHADOW TEACHER PADA BLENDED LEARNING DI SDI AL-CHUSNAINI KLOPOSEPULUH SUKODONO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of ROBI'ATUL ADAWIYAH._D24180084_PGSD_PERAN SHADOW TEACHER PADA BLENDED LEARNING DI SDI AL-CHUSNAINI KLOPOSEPULUH SUKODONO - Fadila Rahcmawati.pdf] Text
ROBI'ATUL ADAWIYAH._D24180084_PGSD_PERAN SHADOW TEACHER PADA BLENDED LEARNING DI SDI AL-CHUSNAINI KLOPOSEPULUH SUKODONO - Fadila Rahcmawati.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran dan tugas shadow teacher dalam pembelajaran blended learning di SDI Al-Chusnaini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran shadow teacher pada blended learning di SDI Al-Chusnaini Kloposepuluh Sukodono. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, subjek penelitian ini adalah lima shadow teacher yang mendampingi lima anak berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utamanya adalah lembar wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif menurut Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian ini, peran shadow teacher yang sudah terlaksana diantaranya penyelenggaraan Program pembelajaran individual (PPI), pembinaan komunikasi, pengadaan media, dan konseling. Peran shadow teacher yang belum terlaksana diantaranya penyelenggaraan administrasi khusus, pelayanan kompensatoris dan pelaksanaan assesmen.
Hambatan yang dialami lebih pada membangun mood dan konsentrasi siswa agar dapat menerima materi secara optimal serta memilah materi yang dibutuhkan siswa. Implementasi
blended learning di kelas inklusi yaitu dengan mempersilahkan anak berkebutuhan khusus untuk mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru kelas dan selanjutnya akan diulas kembali oleh shadow teacher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Shadow Teacher, Anak Berkebutuhan Khusus, Blended Learning Shadow Teacher, Dissabled students, Blended Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:46
Last Modified: 01 Mar 2024 02:53
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item
View Item