KOMPETENSI PESERTA DIDIK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER (ADHD) KELAS III-B DI SD NEGERI LEMAHPUTRO 1 SIDOARJO

A`yun, Qurrata (2022) KOMPETENSI PESERTA DIDIK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER (ADHD) KELAS III-B DI SD NEGERI LEMAHPUTRO 1 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of QURRATA A`YUN_D24180025 - Qurrata A'yun.pdf] Text
QURRATA A`YUN_D24180025 - Qurrata A'yun.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi peserta didik Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) kelas 3B di SD Negeri Lemahputro 1 Sidoarjo berdasarkan tiga aspek yaitu, aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang berbentuk studi kasus. Subjek pada penelitian ini berjumlah satu responden yaitu peserta didik ADHD kelas 3B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Uji keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas dengan menggunakan triangulasi teknik. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar
observasi dokumen. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh
peneliti dalam aspek kognitif nilai UH menunjukkan kriteria sangat kurang dengan rata-rata 41,25, pada nilai PTS menunjukkan kriteria cukup dengan rata-rata 64,75, sedangkan nilai PAS menunjukkan kriteria cukup dengan rata-rata 75,25. Untuk aspek afektif peserta didik tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan fokus, tidak tepat waktu dalam mengerjakan tugas, sehingga penilaian aspek afektif peserta didik ADHD termasuk dalam kriteria cukup. Sedangkan untuk aspek psikomotor peserta didik dapat menyelesaikan tugas membuat miniatur rumah dan unjuk kerja menyanyi lagu kebangsaan Garuda Pancasila dengan baik. Akan tetapi, selalu dipantau karena peserta didik tersebut hiperaktif daripada teman-teman lainnya. Sehingga penilaian aspek psikomotor peserta didik ADHD termasuk dalam kriteria cukup.
========================================================================================================================
This study aims to identify the competence of Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) students in class 3B at SD Negeri Lemahputro 1 Sidoarjo based on three aspects, namely, cognitive aspects, affective aspects and psychomotor aspects. This type of research is qualitative research in the form of case studies. Subjects in this study amounted to one respondent, namely students with ADHD class 3B. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. Test the validity of the data using the credibility test using triangulation techniques. The research instrument used observation sheets, interview guidelines and document observation sheets. As for the data analysis technique using data reduction, data presentation, conclusion drawing/data verification. The results obtained by the researchers in the cognitive aspect of the UH value showed very poor criteria with an average of 41.25, the PTS
value showed sufficient criteria with an average of 64.75, while the PAS value showed sufficient criteria with an average of 75.25. For the affective aspect, students cannot
follow the lesson with focus, are not punctual in doing assignments, so that the assessment of the affective aspects of ADHD students is included in the sufficient criteria. As for the psychomotor aspect, students can complete the task of making miniature houses and perform well in singing the Garuda Pancasila national anthem. However, it is always monitored because these students are hyperactive than other
friends. So that the assessment of the psychomotor aspects of ADHD students is included in the sufficient criteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD), Aspek Kognitif, Aspek Afektif dan Aspek Psikomotor Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD), Cognitive Aspects, Affective Aspects and Psychomotor Aspects
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:20
Last Modified: 01 Mar 2024 02:49
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item
View Item