Ningrum, Putri Adelia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ALFABET ROLLING KATA (ARKA) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 SD/MI. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PUTRI ADELIA NINGRUM_D24180135_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA ARKA - Putri Adelia.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana pengembangan media Alfabet Rolling Kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan untuk peserta didikkelas 1 SD/MI. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan beagaimana pengembangan media, kelayakan pengembangan media, dan respon dari peserta didik maupun guru tentang media Alfabet Rolling Kata. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan ADDIE dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari pengembangan media ini, peneliti dapat mengembangkan media dengan nama keterampilan membaca permulaan mendapat hasil validasi dari ahli materi dan ahli media pada rentang persentase 75-100% dengan perolehan skor persentase untuk materi sebesar 86%,
dan media sebesar 80% dengan keterangan konversi “Baik” dan persentase hasil dari angket respon peserta didikdan guru pada rentang persentase 80-100% dengan perolehan skor untuk angket respon peserta didik80%, dan skor angket respon guru
sebesar 98,2% keterangan yang dihasilkan “Baik” Dengan demikian, media Alfabet Rolling Kata layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penggunaan media konkrit Alfabet Rolling Kata sangat bagus digunakan dalam mengatasi peserta didik yang masih kesulitan membaca atau mengenal huruf Alfabet. Karena dalam media ini peserta didikdiajarkan mengenal huruf tahap demi tahap sampai dengan penyusunan kata sederhana.
========================================================================================================================
This thesis discusses how the development of the Rolling Word Alphabet media in Indonesian subjects for beginning reading materials for students in grade 1 SD/MI. The aim is to describe how the media is developed, the feasibility of media development, and responses from students and teachers about the Rolling wordThe research method used by the researcher is the ADDIE development model with quantitative and qualitative descriptive analysis techniques. The results of this media development, researchers can develop media with the name initial reading skills and get validation results from material experts and media experts in the
percentage range of 75-100% with a percentage score of 86% for material, and 80% media with conversion information " Good" and the percentage of the results of the student and teacher response questionnaires in the percentage range of 80-100% with a score for the student response questionnaire 80%, and the teacher's response questionnaire score of 98.2% the information produced is "Good" Thus, the media Alphabet Rolling is worthy of being used as a learning medium. The use of concrete Rolling Words Alphabet media is very good to use in overcoming students who still have difficulty reading or recognizing the Alphabet letters. Because in this media students are taught to recognize letters step by step up to the preparation of simple words.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media, Model ADDIE, Alfabet Rolling Kata Media development, ADDIE Model, Rolling Word |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 02:59 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 02:48 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/421 |