Astuti, Pitria Puji (2022) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH DI SDN SUMOKALI CANDI. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Pitria puji astuti_D24180076_PGSD_Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas V Dalam Meneyelesaikan Soal Pemecahan Masalah - Safitry Pjst.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi peserta didik kelas V dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah yang terdiri dari 5 soal uraian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Sumokali Candi Sidoarjo. Berdasarkan hasil dari analisis tes kemampuan numerasi peserta didik kelas V di SDN Sumokali Candi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah masih tergolong rendah. Dari 23 peserta didik yang mengikuti tes kemampuan numerasi, 5 peserta didik memiliki kemampuan numerasi tingkat sedang dan 18 peserta didik memiliki kemampuan numerasi tingkat rendah. Ada pun kendala yang menyebabkan rendahnya kemampuan numerasi peserta didik kelas V dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah seperti, peserta didik tidak mengetahui
atau lupa dengan rumusnya, peserta didik kurang menguasai materi yang diujikan, mengarang jawaban, tidak percaya diri dengan jawabannya sendiri dan akhirnya mencontoh jawaban dari temannya.
========================================================================================================================
The study was intended to analyze the numerical abilities of 5 grade students in completing problem solving of the 5 question of subjective test. This type of study was qualitative. The data-collection techniques used in this study were test, interview, and documentation. The subject in this study were 5 grade students of SDN Sumokali
Candi Sidoarjo. Based on the results of the test's numerical capability of 5 grade student of SDN Sumokali Candi in completing problem solving were still in the low category. There were 23 participants of the study who take numerical ability tests. There were 5 of students who have a moderate level numerical ability and 18 students who have low level numerical capability. The obstacles were create less numerical ability in the 5 grade how to complete problem solving, such as, learners don't know or forget the formula, learners lack of written material, make answers, lack of
confidence in their own answers and follow the answers of their friends.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan numerasi, pemecahan masalah Numeration Ability, problem solving, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 02:52 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 02:46 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/420 |