Suryandari, Nunuk (2022) PENGARUH LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SDN BLURU KIDUL 2 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
SKRIPSI_PLAGIASI_NUNUK-dikompresi - Nunuk Suryandari.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya suatu masalah pada hasil belajar matematika yang masih rendah di kelas IV SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo. Hal itu dibuktikan dengan data hasil wawancara dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh LKPD Berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar MatematikaMateri Bnagun Datar Pada Siswa Kelas IV SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo sebanyak 56 siswa. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas control. Pengumpulan data pada masing-masing kelas dengan menggunakan dan berupa 10 soal uraian. Kemudian
hasilnya dianalisis dengan menggunakan program komputer Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika materi keliling dan luas persegi pada siswa kelas IV SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo. Hal ini dapat
dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran (RME) dengan rata-rata 86,12. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran adalah 50,36. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 0,000 < 0,05.
========================================================================================================================
This research is motivated by the existence of a problem in the learning outcomes of mathematics which are still low in grade IV SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo. This is evidenced by the data from interviews and observations. This study aims to determine the effect of LKPD Based on Realistic Mathematics Education (RME) Learning Model on Mathematics Learning Outcomes of Flat Building Materials in Grade IV Students of SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo. This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental type of research. The population in this study were all fourth-grade students of SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo as many as 56 students. The samples of this study were students of class IV-A as the experimental class and class IV-B as the control class. Collect data in each class using a pretest and posttest in the form of 10 essay questions. Then the results
were analyzed using the computer program IBM SPSS Statistics 23 for Windows. The results showed that the use of LKPD based on the Realistic Mathematics Education (RME) learning model influenced the mathematics learning outcomes of the perimeter and area of a square in fourth-grade students of SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo. This can be seen based on the average of student learning outcomes using the Realistic
Mathematics Education (RME) learning model with an average of 86.12. While the average student learning outcome using the conventional learning model is 50.36. Based on the results of the t-test were obtained at 0.000 <0.05.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Realistic Mathematics Education (RME), Matematika, Hasil Belajar. Learning model, Realistic Mathematics Education (RME), Mathematics, learning outcomes. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 02:29 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 02:44 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/418 |